BPBD Imbau Warga Ternate Waspadai Hujan Lebat | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

BPBD Imbau Warga Ternate Waspadai Hujan Lebat

BERITA MALUKU. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Maluku Utara, mengimbau warga setempat agar mewaspadai cuaca ekstrim berupa curah hujan dengan intensitas lebat pada dua minggu ke depan.

Kepala BPBD Kota Ternate, Hasyim Yusuf, di Ternate, Sabtu (22/7/2017) mengatakan, masyarakat yang bermukim di bantaran sungai agar mewaspadai banjir.

"Kami sudah menyiapkan empat kendaraan untuk bersiaga di lokasi yang dianggap rawan bencana dan petugas BPBD intensif melakukan pemantauan setiap hari," ujarnya.

Menurut dia, Kota Ternate merupakan salah satu daerah rawan banjir dan longsor, terutama warga yang mendiami sekitar bantaran sungai maupun lereng gunung.

Sebab, dalam beberapa tahun terakhir saat musim hujan sudah terjadi berbagai musibah hingga korban jiwa, terutama warga yang berada di bantaran sungai Tugurara dan lereng gunung.

Hasyim mengakui, pada Juni 2017 ada satu keluarga yang harus kehilangan dua anaknya akibat tertimbun material longsor akibat hujan deras terjadi di Ternate.

Sedangkan, Kepala Seksi Keselamatan Pelayaran Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Ani mengingatkan penyedia maupun pengguna jasa pelayaran agar menaati imbauan BPBD setempat.

"Kami telah meminta kepada nahkoda speed boad rute Ternate -Tidore, Ternate- Sofifi dan Ternate - Sidangoli agar mewaspadai cuaca ekstrim karena jarak pandang tidak jauh saat berlayar," katanya.

Curah hujan disertai angin kencang berpeluang hingga beberapa hari kedepan, sehingga diimbau bagi nahkoda speedboad agar waspada karena saat berlayar jarak pandang tidak jauh.
Malut 3324192177545628945

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang