BEKRAF Gelar Pelatihan Bisnis Manajemen Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif di Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

BEKRAF Gelar Pelatihan Bisnis Manajemen Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif di Ambon

BERITA MALUKU. Berangkat dari semangat untuk menumbuhkan dan mengembangkan ekonomi kreatif, maka  Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) bekerjasama dengan Dinas Parawisata Provinsi Maluku dan kota Ambon menyelenggarakan pelatihan bisnis manajamen bagi pelaku ekonomi kreatif di kota Ambon, berlangsung selama dua hari di The Natsepa Hotel, Kamis (20/7/2017), mulai tanggal 20 sampai 21 Juli 2017.

Kasubdit Edukasi Sub Sektor Ekonomi Kreatif BEKRAF RI, Toar R.E Mangaribi dalam sambutannya mengatakan, Ambon merupakan kota pertama diselenggarakannya pelatihan bisnis manajamen bagi pelaku ekonomi kreatif, dari 12 kota yang direncanakan.

Dijelaskan, bahwa pada tahun 2030 mendatang, kekuatan ekonomi bukan lagi didasarkan pada tambang dan salah satunya ada pada pengembangan prodak melalui bisnis yang dikembangkan pelaku ekonomi kreatif.

Menurutnya, porensi prodak di setiap masing-masing kota semuanya ada. Namun sayangnya pelaku usaha belum mampu untuk mendesain, mengemas sampai promosi prodak belum bisa dilakukan dengan baik.

Apalagi kata Mangaribi, saat ini pelaku usaha sedang diperhadapkan dengan perkembangan era digital, yang semuanya sudah terakses secara baik dan cepat.

"Untuk itu, pelatihan ini dilakukan agar pelaku bisnis bisa memahami semuanya, baik itu dari sisi perhitungan sampai akutansi keuangan. Semuanya harus teratur kalau mau usahanya maju," ujarnya.

Dirinya berharap, melalui pelatihan ini dapat merubah pola pikir pelaku usaha agar lebih kreatif terutama dalam pengemasan sampai pemasaran prodak, serta memahami strategi bisnis kedepannya.

"Outputnya bagaimana perekonomian daerah bisa hidup dan menjadi pilar perekonomian di akan datang," cetusnya.

Dirinya menegaskan, kelanjutan dari pelatihan ini pihaknya akan terus mengevaluasi dan memantau pelaku bisnis setiap tahun dan akan ditindaklanjuti dengan program-program yang mempunyai multi player efek bagi perkembangan ekonomi di kota ambon dan secara luas Maluku.

Selain itu, pihaknya juga akan membuat wadah lewat website yang bertujuan untuk melakukan komunikasi lebih lanjut terkait pengembangan bisnis.

"Ketika mengalami hambatan, maka melalui media jejaring seperti itu bisa di konsultasikan untuk pemecahan masalah," pungkasnya.
Aneka 3338503839917768993

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang