PT PBR Benjina Aru Akan Beroperasi Kembali | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

PT PBR Benjina Aru Akan Beroperasi Kembali

BERITA MALUKU. PT. Pusaka Benjina Resor (PT.PBR) Benjina, Kecamatan Aru Tengah, Kabupaten Kepulauan Aru yang pernah ditutup beberapa tahun lalu atas tuduhan pelanggaran mempekerjakan tenaga kerja di bawah umur serta diduga melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM), kini telah mendapatan angin segar untuk beroperasi kembali. 

Rencana beroperasinya perusahaan yang bergerak di bidang perikanan laut di daerah tersebut diketahui atas keputusan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Wahyu salah satu perwakilian perusahaan kepada Berita Maluku Maluku Online, Kamis (20/7/17) menyatakan, rencana dibukanya perusahaan ini akan dilakukan dalam waktu dekat, namun saat ini, katanya nomenklatur perusahaan tersebut akan dirubah semua termasuk sejumlah dekumen perusahaan.

“Kalau wacana untuk perusahaan buka lagi memang ada, tapi mungkin sesuai arahan bupati untuk ganti baju tetapi juga ini semua hanya kewenangan dari kantor pusat di Kakarta,” terang Wahyu.

Dikatakan, selain dirubahnya nomenklatur perusahan dan dokumen-dokumen perusahan, nantinya alat tangkappun akan dirubah dan tenaga pekerja kebanyakkan diambil dari orang-orang pribumi yang memiliki pengelaman kerja.

“Ikan kalau sudah habis untuk penjualan, pihak perusahan akan menggerakan karyawan sisanya untuk melakukan cuci korum dan selanjutnya akan tunggu perintah dari kantor pusat untuk melakukan pengurusan dokumennya, karena sekarang ini masih dalam proes penjualan ikan, jadi nanti kita akan tunggu saja sampai ikannya sudah habis terjual baru kita lakukan sesuai perintah dari pusat,” jelas lelaki tersebut.

“Kan kasihan kalau aset perusahan dibiarkan begitu saja dan tidak difungsikan, ini akan menjadi rusak, dan nantinya pihak perusahan yang rugi,” tambahnya.

Dirinya berharap, pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan dapat memberikan pihaknya kesempatan untuk beroperasi sebagaimana layaknya lagi, sehingga ini nantinya dapat merekrut tenaga kerja dan mengurangi pengangguran di wilayah kabupaten julukan jargaria ini sekaligus menambah pendpatan Asli Daerah (PAD).

Disinggung kapal-kapal nelayan asing asal Thailand yang masih sandar di pelabuhan perusahaan bersangkutan di Benjina, Wahyu menjelaskan, kemungkinan kapal-kapal tersebut akan dikembalikan atau akan ditenggelamkan di tengah lautan. Dirinya enggan  komentar banyak menyangkut hal itu karena dirinya bekerja atas perintah atasan. (Iman)
Daerah 3300823137697552441

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang