TNI-Polri Gelar Buka Puasa Bersama Muspida Maluku dan Masyarakat | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

TNI-Polri Gelar Buka Puasa Bersama Muspida Maluku dan Masyarakat

BERITA MALUKU. Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo bersama jajaran Kodam XVI/Pattimura menggelar kegiatan Buka Puasa bersama TNI-POLRI dengan Muspida Maluku dan Masyarakat.

Siaran pers Pendam XVI/Pattimura yang diterima media ini, Minggu (4/6/2017) menyebutkan, kegiatan buka bersama tersebut bertempat di Lapangan Indoor Kediaman Pangdam Tapal Kuda, Jln. Dr. Malaiholo Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Sabtu malam (3/6/2017) dengan mengusung tema “Memaknai Puasa Sebagai Media Kalesang diri untuk bangun Maluku Yang Rukun, Damai, Sejahtera dan Berkeadaban”.

Selain unsur TNI-Polri dan Muspida Maluku, Sejumlah Masyarakat serta tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat juga ikut diundang guna mempererat silaturahmi.

Acara ini digelar untuk mempererat silahturahmi dan sinergitas TNI-Polri dengan masyarakat.

Buka bersama ini merupakan kegiatan yang lumrah digelar selama bulan suci Ramadhan. Tidak hanya di dalam, tetapi juga di luar lingkungan Kodam XVI/Pattimura, dan diharapkan akan menciptakan situasi yang kondusif dan kekeluargaan.

Acara ini dihadiri seluruh pejabat Kodam XVI/Pattimura, pejabat Polda Maluku, Pejabat Muspida Maluku, Raja Sekota Ambon, Anak-anak panti asuhan yang berjumlah 100 orang ( Pantai Asuhan Muslim, Kristen Protestan dan Katholik ), Masyarakat Tawiri, rumah tiga,Kudamati dan anggota TNI-Polri yang berjumlah kurang lebih 1500 orang.

Menurut Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo, bahwa kerukunan yang saat ini tercipta merupakan hasil kerjasama semua pihak, tokoh agama, tokoh adat dan semua instansi, baik Tni-Polri juga kesadaran masyarakat yang sudah mulai membaik. Hal ini dibuktikan dengan masuknya kota Ambon dan kota Tual dalam 10 besar kota tertoleransi di Indonesia.

Lebih lanjut Pangdam menekankan, terkait dengan program emas hijau dan emas biru, agar kita sama-sama melindungi ekosistem yang ada Maluku dengan cara hal yang sederhana namun besar dampaknya yaitu dengan tidak membuang sampah ke laut, melakukan penghijauan dilingkungan kita.

"Maluku merupakan daerah yang memiliki beragam tanaman yang belum tentu ada di seluruh Indonesia. Hal Ini merupakan suatu kebanggan tersendiri untuk masyarakat Maluku," kata Pangdam.

Kapolda Maluku Irjen (Pol) Deden Juhara yang juga menggagas buka puasa bersama ini, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kodam XVI/Pattimura beserta jajaran khususnya Pangdam, Karena telah diundang dalam kegiatan ini.

Kapolda Maluku merasa tertarik dengan tema yang diusung pada kegiatan ini, yaitu Memaknai Puasa Sebagai Media Kalesang diri untuk bangun Maluku Yang Rukun, Damai, Sejahtera, dan Berkeadaban”.

Tanpa Keamanan Maluku Tidak ada artinya, untuk itu Kapolda Maluku mengajak seluruh anggota TNI Dan Polri, Muspida Maluku dan semua lapisan masyarakat untuk selalu menjaga keamanan, menjaga kerukunan demi terciptanya kesejahteraan.

"Apabila Maluku aman maka investor dan pengusaha akan banyak masuk ke Maluku sehingga banyak menciptakan lapangan pekerjaan," ungkap Kapolda.

Gubernur Maluku, Said Assagaff dalam sambutannya menuturkan, bahwa hari ini masyarakat Maluku telah memasuki puasa hari yang ke -8 dalam keadaan aman, hal ini tdak pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

Semua ini kata Gubernur, adalah atas kerja keras TNI, Polri serta Tokoh agama sehingga terwujud Keamanan di Maluku.

Gubernur Maluku juga memberikan apresiasi kepada Pangdam dan Kapolda Maluku beserta seluruh jajarannya yang sudah bekerja keras membantu menjaga keamanan Provinsi Maluku.

“Saat ini Maluku berada di tingkat paling teratas untuk tingkat kebahagiaan. Saya berharap kondisi situasi yang aman Seperti saat ini selalu bisa kita jaga bersama,” ujar Assagaff.

Disela-sela kegiatan, Dai Cilik an. Ziat Firmansyah memberikaan Tausiah/Ceramah seputar kemanunggalan TNI-Rakyat. Menurutnya  dengan kemanunggalan TNI dengan Rakyat Indonesia Bisa meraih kemerdekaan.

Sejatinya TNI berasal dari dan untuk rakyat. TNI merupakan anak kandung dari rakyat.

”Bersama rakyat TNI kuat, Hebat dan Profesional,” pungkasnya.

Dai Cilik ini juga berpesan agar sama-sama kita menjaga keamanan antar umat beragama dengan cara. “Jang Biking 4M (Mabok, Melotot, Marah,  Memukul) tapi Biking 4S (Senyum, Salam, Sapa dan Silaturahmi)”.

Diakhir kegiatan dilaksanakan Penyerahan penghargaan kepada anggota Polda Maluku, Pemberian santunan oleh pangdam kepada anak-anak panti asuhan Muslim, panti asuhan nasrani, veteran dan warakawuri serta Sholat Isya yang dilanjutkan sholat Tarweh berjamaah. (Pendam16)
TNI-Polri 3884155980020839761

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang