Manfaat Serat dan Pentingnya Asupan Serat bagi Kesehatan Tubuh | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Manfaat Serat dan Pentingnya Asupan Serat bagi Kesehatan Tubuh

SERINGKALI kita mendengar yang namanya serat, namun apakah serat itu? Serat merupakan karbohidrat kompleks yang terdapat dalam sumber makanan nabati seperti biji-bijian, sayuran dan buah-buahan. Serat tidak dapat dicerna oleh tubuh namun sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatasi gangguan kesehatan dan mencegah berbagai penyakit.

Namun meskipun serat sangat baik untuk kesehatan masih banyak orang yang tidak mengonsumsi serat dengan cukup kebanyakan mereka hanya mengonsumsi serat sebanyak 15 gram saja setiap harinya, padahal ahli gizi sangat menyarankan untuk mengonsumsi serat sebanyak 25 gram setiap harinya. Bisa mencoba menambah buah-buahan dan sayuran segar dalam setiap menu makanan anda.

Adapun manfaat serat untuk kesehatan sendiri yaitu, anda dapat menambah asupan serat dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung serat, namun yang juga perlu diperhatikan adalah serat dapat bekerja dengan baik bila disertai dengan adanya asupan air dalam tubuh. Jadi sangat penting untuk banyak minum air putih selain juga mengonsumsi banyak serat.

Untuk anda yang menginginkan kandungan serat dari buah-buahan sebaiknya tidak dibuat jus, buah segar yang dikonsumsi langsung mengandung lebih banyak serat dari pada jus, namun jika anda menginginkan buah yang berupa minuman anda bisa mencoba membuat buah-buahan yang anda konsumsi menjadi minuman smoothies yaitu minuman yang berbahan dasar buah-buahan, sayuran, gula, susu tawar cair dan es batu dengan tambahan susu kental manis, coklat dan juga yoghurt dan teksturnya lebih pekat dari pada jus.

Ada juga manfaat serat untuk kesehatan, yaitu seperti serat yang dapat larut sangat baik untuk pencernaan terutama membuat usus lebih sehat dan mencegah sembelit ataupun diare.

Membantu menurunkan berat badan sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang menjalankan diet sehingga dapat membuat tubuh anda mencapai berat badan ideal, karena dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, maka merasa kenyang lebih lama.

Serat juga dapat membantu menurunkan resiko seseorang terkena diabetes, karena serat dapat mengatur asupan gula dalam tubuh sehingga sangat baik bagi penderita diabetes.

Serat sangat baik untuk menurunkan kolesterol, maka dengan rendahnya kadar kolesterol dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Seseorang yang kekurangan serat akan beresiko terkena gangguan seperti, gangguan pencernaan atau konstipasi, kanker usus, Wasir, dan Kegemukan.

Ada 2 jenis serat, yang pertama serat larut dalam air, serat ini akan membentuk gel saat melalui saluran pencernaan dengan menyerap air antara lain: Sayuran, seperti brokoli dan wortel, buah-buahan, seperti apel, pisang, pir dan berry.

Yang kedua, serat tidak larut dalam air, meskipun tidak larut dalam air namun dapat menyerap air serta meningkatkan tekstur dalam volume tinja dan serat ini banyak terdapat dalam sayuran hijau, buah-buahan seperti tomat, kiwi dan alpukat.

Asupan serat juga penting untuk tubuh, sama seperti halnya karbohidrat, vitamin, dan lemak, asupan serat pada tubuh juga sangat dibutuhkan.

Serat merupakan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh karena memiliki banyak sekali manfaat baik dan sehat untuk tubuh.

Serat sendiri adalah nutrisi yang bisa diperoleh dari tumbuhan yang dikonsumsi. Karena serat tersusun atas karbohidraat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan usus, hal ini tentunya akan sangat baik untuk kesehatan usus halus maupun usus besar.

Sebenarnya ada beberapa makanan yang memiliki kandungan kaya serat, dan disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Beberapa makanan tersebut diantaranya adalah sayuran hijau, kacang–kacangan, buah–buahan dan umbi–umbian.

Selain memang sangat baik untuk usus dan sistem pencernaan, ada banyak manfaat sehat yang juga diperoleh ketika kebutuhan serat sudah tercukupi.

Asupan serat juga sangat penting untuk kesehatan tubuh yaitu seperti, mencegah batu ginjal, menjaga kadar gula darah, menurunkan risiko stroke, menyehatkan jantung, membantu menurunkan berat badan, untuk yang menginginkan menurunkan berat badan dan menginginkan program diet berhasil.

Sebaiknya pastikan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Makanan yang berserat dapat membuat tubuh menjadi merasa tidak mudah lapar sehingga program diet dapat berhasil dan tubuh pun mendapatkan hasil yang maksimal dengan diet yang alami ini.

Ditulis Oleh: Laily Mas’udah
Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan
Universitas Muhammadiyah Malang
Aneka 3612529939807967880

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang