Wagub Maluku Inginkan Peforma UN di Tahun Ini Harus Lebih Baik dari Tahun Sebelumnya | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Wagub Maluku Inginkan Peforma UN di Tahun Ini Harus Lebih Baik dari Tahun Sebelumnya

BERITA MALUKU. Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) di tahun 2016 di Maluku, telah berlangsung aman, sukses dan lancar. Namun hanya masih terbatas pada sukses persiapan dan sukses penyelenggaraan, sedangkan hasilnya belum bisa dikatakan sukses. Karena dari sisi hasil UN masih sangat banyak siswa baik siswa SMA, SMK dan SMP yang memperoleh nilai dibawah 5.00.

Selain itu, dari segi kejujuran dalam pelaksanaan UN, yang diukur berdasarkan hasil indeks integritas sekolah pelaksanaan UN di kabupaten/kota mendapat nilai Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) masih rendah. Bahkan yang menjadi miris adalah terjadi hubungan terbalik antara nilai UN dengan indeks hubungan tersebut adalah jika nilai UN tinggi maka indeks integritas rendah dan sebaliknya jika indeks integritas tinggi maka nilai UN rendah.

Terhadap anomali, Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua mengiginkan peforma UN di tahun yang dimulai dari tingkat SMK, harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Ini mestinya kita bertekat untuk memperbaiki peforma pelaksanaan UN tahun 2017 ini, sehingga kita sukses baik dalam perencanaan maupun sukses dalam hasil UN dengan memiliki nilai UN yang tinggi dan juga indeks integritas yang tinggi pula," ujar Sahuburua dalam sambutannya sebelum membuka secara simbolis pelaksaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 3 Ambon, Senin (3/4/2017).

Dikatakan, pelaksaan UN tahun ini akan dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan yaitu pada April dan Mei, untuk jenjang SMK dilaksanakan tanggal 3 hingga 6 April 2017 dan jenjang SMA dilaksanakan tanggal 10 hingga 13 April 2017.

Pada prinsipnya, bertujuan untuk mengukur capaian standar kompetensi lulusan peserta didik secara nasional dan hasilnya dingunakan sebagai bahan pemataan bantuan saran prasarana pendidikan. Karena itu UN menjadi penting untuk diselenggarakan.

Dirinya menjelaskan, di tahun 2017 ini provinsi Maluku menyelenggarakan ujian nasional menggunakan kertas dan pensil sebanyak 21.925 siswa, dengan jumlah 357 sekolah. sedangkan jumlah peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebanyak 7.197 siswa dengan jumlah 59 sekolah. Jenjang SMK yang sementara melaksanakan UN hari ini berjumlah 2.242 siswa dengan jumlah 68 sekolah.

"Marilah kita sukseskan UN ini dengan penuh kejujuran dan tunjukanlah integritas sudara dalam mengerjakan tugas-tugas saudara demi meningkatkan mutu pendidikan di Maluku yang kita cinta ini. Kita sama-sama meningkatkan, memperbaiki hasil ujian tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya," tuturnya.
Pendidikan 7643401926716304361
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks