UN Tingkat SMK se-Maluku Berjalan Lancar | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

UN Tingkat SMK se-Maluku Berjalan Lancar

BERITA MALUKU. Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK-sederajat di tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Di tahun ini UN dimulai dari tingkat SMK, yang sudah mulai berlangsung pada tanggal 3-6 April mendatang, sedangkan tingkat SMA/MA akan dilaksanakan pada tangga tanggal 10-13 April mendatang.

Kepala Bidang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Gatot mengakui, di hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berbasis manual maupun Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang berlangsung serentak di 103 sekolah yang tersebar di 11 kabupaten/kota, berjalan dengan lancar. 

“Dari hasil pantauan di 86 sekolah yang melaksanakan UN manual dan 35 sekolah yang melaksanakan UNBK, semuanya berjalan lancar. Kalaupun ada hambatan itu persoalan teknis dan bisa diselesaikan,” ujar Gatot kepada wartawan saat meninjau pelaksanaan UN di SMK Negeri 4 Ambon, Senin (3/4/2017).

Lancarnya pelaksanaan UNBK, kata Gatot berdasarkan laporan dari petugas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku yang diterjunkan ke 11 kabupaten/kota untuk memantau jalannya UN.

Sementara untuk sekolah yang melaksanakan UN berbasis manual, lanjutnya akan didorong untuk tahun depan suudah melaksanakan UNBK.

“Kita akan mendorong sekolah untuk melaksanakan UNBK, karena dianggap jauh lebih efektif, hemat baik dari aspek biaya maupun penyelengaraan,” tuturnya. 

Dirinya mengakui, sebenarnya SMK Negeri 4 Ambon sudah harus melaksanakan UNBK, namun hal tersebut gagal karena kesalahan dari operator yang tidak memberikan tanda centang pada item siap atau tidak siap yang melaksnakan UNBK.

“Saya yakni tahun ini merupakan yang terakhir SMK 4 menyelenggarakan UN berbasis manual, di tahun depan sudah harus menyelenggarakan UNBK karena dilihat dari sarana dan prasarana sudah sangat menunjang, bahkan dipinjamkan untuk sekolah yang lain untuk melaksanakan UNBK,” terangnya.
 
Pendidikan 9177880622056867827

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang