Tiga Daerah di Maluku Ajukan Gugatan Pilkada ke MK | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Tiga Daerah di Maluku Ajukan Gugatan Pilkada ke MK

BERITA MALUKU. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku menyatakan tiga dari lima daerah menyelenggarakan Pilkada serentak kelompok kedua pada 15 Februari 2017 mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPU Maluku Musa Toekan dikonfirmasi Rabu (8/3/2017) mengatakan tiga daerah itu adalah Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Buru.

Sedangkan, Kota Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) tinggal melaksanakan rapat pleno penetapan pemegang Pilkada yang dijadwalkan pada 8 Februari 2017.

"Pastinya tiga KPU yang hasil Pilkada pada 15 Februari 2017 masih berperkara di MK telah diarahkan menunjuk kuasa hukum dan mempersiapkan bukti - bukti yang dibutuhkan untuk persidangan," ujar Musa.

Dia mengemukakan tiga daerah itu sementara menunggu persidangan di MK, maka proses penetapan pemenang Pilkada ditangguhkan hingga proses hukumnya tuntas.

"Pleno penetapan pemenang Pilkada tiga daerah itu harus menunggu sampai ada keputusan sidang MK," kata Musa.

Disinggung pelantikan, dia menjelaskan itu merupakan kewenangan dari pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku dan Pemerintah Pusat.

"Mekanismenya setelah penetapan pasangan pemenang, selanjutnya menyampaikan kepada masing - masing DPRD kabupaten/kota. DPRD kabupaten/kota menyampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur Maluku," kata Musa.

Sebelumnya, tim hukum pasangan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah Barat, Dharma Oratmangun - Markus Faraknimela telah melayangkan gugatan ke MK terhadap hasil rekapitulasi perolehan suara di tingkat KPU.

Di Kabupaten Buru juga menggugat ke MK karena diduga ada berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh aparat penyelenggara Pilkada.

Sedangkan, Maluku Tegah tercatat Koalisi Rakyat Demokrasi (Kodrat) melaporkan, Panwaslu setempat ke Dewan Kehormatan Pengawasan Pemilu (DKPP), atas temuan ratusan formulir C6 (undangan) di salah satu kamar hotel di Masohi, ibu kota kabupaten setempat.
Pilkada Maluku 2344865648310516191

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang