Harga Cengkih di Ternate Naik | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Harga Cengkih di Ternate Naik

BERITA MALUKU. Harga cengkih di Ternate, Maluku Utara, pekan ini naik seiring dengan berkurangnya stok dan permintaan untuk antarpulau, terutama dari sejumlah daerah di Pulau Jawa terus meningkat.

Salah seorang pengusaha hasil bumi di Ternate, Jhoni, Kamis (30/3/2017) mengatakan, harga cengkih yang pada pekan lalu Rp100.000/Kg, saat ini menjadi Rp105.000/Kg.

Naiknya harga cengkih itu diharapkan akan mendorong para petani yang selama ini masih menyimpan stoknya untuk segera menjualnya, karena tidak tertutup kemungkinan harganya akan kembali turun.

Jhoni memperkirakan walau pun panen cengkih sudah berakhir sejak akhir 2016, masih ada petani cengkih yang menyimpan stoknya karena menunggu naiknya komoditas unggulan di Ternate itu.

Harga komoditas perkebunan lainnya yang juga mengalami kenaikan pada pekan ini, jika dibandingkan dengan pekan lalu adalah kopra yakni dari Rp9000/Kenjadi Rp9500/Kg dan kakao dari Rp20.000/Kg menjadi Rp23.000/Kg.

Sedangkan, harga biji pala tetap bertahan yakni Rp55.000/Kg, sedangkan fuli Rp115.000/Kg.

Stabilnya harga biji pala dan fuli karena stok di tingkat petani cukup banyak, menyusul masih berlangsungnya panen komoditas tersebut, sedangkan permintaan dari daerah tujuan antarpulau normal seperti biasa.

Sebelumnya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate Nuryadin A Rahman mengatakan Pemkot setempat mengupayakan ekspor langsung pala ke sejumlah negara di Eropa agar harganya ditingkat petani bisa lebih baik, walau pun saat musim panen raya.
Malut 8152431265925537906

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang