Guru Penyusun Naskah USBN di Maluku Diingatkan Jaga Kerahasiaan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Guru Penyusun Naskah USBN di Maluku Diingatkan Jaga Kerahasiaan

BERITA MALUKU. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Saleh Thio mengingatkan kepada Guru-Guru yang terlibat dalam penyusunan naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), agar dapat menjaga kerahasiaan, sehingga pada pelaksanaan ujian sekolah dimaksud dapat meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, kredibilitas dan integritas ujian.

Hal ini disampaikan Saleh Thio dalam sambutannya, yang dibacakan seketaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Mimi Hudjajani pada pembukaan penyusunan naskah USBN SD/Mi dan SDLB, yang berlangsung di Imperial Inn Hotel, Selasa (7/3/2017).

Dikatakan, pelaksanaan USBN tahun pelajaran 2016/2017 yang nantinya akan dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan, bertujuan untuk mengukur capaian standar kompetensi lulusan peserta didik secara nasional, dan hasilnya dingunakan sebagai bahan pemetaan mutu pendidikan.

“Karena itu, USBN SD/Mi dan SDLB menjadi penting untuk diselenggarakan sesuai Permen Dikbud nomor 3 tahun 2017,” ucapnya.

Dengan demikian, menurut Thio, perlu adanya penyusunan kisi-kisi USBN sebagai acuan untuk mengembangkan dan merakit naskah sebagaI acuan untuk mengembangkan dan merakit naskah soal USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian standar kompetensi lulusan, standar isi dan kurikulum yang berlaku.

“Soal USBN untuk jenjang SD/Mi dan SDLB adalah sebagai bahan untuk mengukur kemampuan siswa yang melaksanakan ujian sekolah di Provinsi Maluku untuk peningkatan mutu pendidikan bagi generasi kita mendatang,” tuturnya.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada peserta ujian yang melaksanakan tanggung jawab yang berat tetapi mulia, dapat melaksanakan dengan penuh tanggungjawab. Dengan melaksanakan soal sesuai bobot yang baik, demi peningkatan mutu pendidikan anak-anak nantinya pada saat mereka akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pula.
Pendidikan 8045684544604424039

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang