Gubernur Maluku Dukung Progam Emas Hijau dan Emas Biru | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Gubernur Maluku Dukung Progam Emas Hijau dan Emas Biru

BERITA MALUKU. Mimpi Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo terhadap pengembangan program Emas Biru dan Emas Hijau yang digagasnya, hampir terwujud.

Progam Emas Hijau dan Emas Biru yang ia canangkan akhir tahun 2015 lalu, mendapat dukungan penuh dari Gubernur Maluku, Said Assagaff.

Program "Emas Biru" dimaksudkan sebagai Istilah budidaya perikanan di Maluku Dan Maluku Utara, sementara "Emas Hijau" dimaksudkan dengan melakukan Budidaya Tanaman, yang diprakarsai Dony Monardo, yang saat ini telah memberikan dampak positif.

Sebagai salah satu contoh, Batalion Infantri 731 Kabaresi telah menjemput bola dan memanfaatkan lahan ratusan hektar untuk bercocok tanam. Hasilnya berbagai tanaman pangan telah dipanen dan dipasarkan.

Dalam acara pencanangan pembibitan pohon di Pulau Seram, sebagai bagian dari program Emas Hijau, pada Kamis (9/3/2017) di Batalion 731 Kabaresi, Gubernur Maluku, Said Assagaf mengatakan, dengan sejarah Maluku sebagai pulau yang banyak diincar pihak asing, sebagai penghasil rempah-rempah dan kaya akan ikan, kini saatnya kekayaan alam tersebut digunakan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat.

"Saatnya kita kembali ke alam, kedepannya yang akan banyak diincar orang adalah produk-produk yang alami," kata Gubernur.

Ia mencontohkan, ikan kerapuh dan pohon masoya yang banyak diincar oleh pihak asing, memiliki nilai jual yang tinggi.

Gubernur menambahkan, program yang diinisiasi Pangdam Pattimura itu, akan membuat TNI memiliki peran lebih dalam masyarakat.

"Kan sekarang kondisinya jauh lebih damai sehingga TNI dapat kontribusi lebih dalam untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Program Emas Biru dan Emas Hijau, difokuskan di Maluku Tengah dan SBB.

Gubernur mengikutsertakan hampir semua Bupati/Walikota di Maluku untuk meninjau langsung program Emas Biru dan Emas Hijau yang digagas Kodam XI Pattimura itu.

Gubernur, Bupati dan Walikota, lalu di ajak Doni untuk melihat sejumlah bibit-bibit tanaman langka. Mereka juga sempat mengitari area perkebunan yang ditanami berbagai produk pertanian seperti cengkeh, jagung, durian dan pala.

Selain itu rombongan juga sempat mengunjungi peternakan kambing yang juga menjadi bagian dari program yang diinisiasi Monardo.
TNI-Polri 2571051608042609044

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang