TNI dan PLN Gelar Gerakan Penanaman 150.000 Pohon Keras dan Pohon Buah di Masohi | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

TNI dan PLN Gelar Gerakan Penanaman 150.000 Pohon Keras dan Pohon Buah di Masohi

BERITA MALUKU. Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura, bekerja sama dengan PT. PLN Persero melakukan penanaman 150.000 pohon keras dan pohon buah yang tersebar di Provinsi Maluku - Maluku Utara.

Seremoni penyerahan anakan pohon tersebut, dimulai di Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah, tepatnya di halaman perkebunan, Markas Kabaresi 731, Masohi, Rabu (4/1/2017).

Pangdam Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo, S.Ip, bersama Komisaris PT PLN Persero, jendral Purnawirawan Budiman, secara simbolis menyerahkan 150.000 anakan pohon keras dan pohon buah kepada masyarakat.

Kepada masyarakat yang hadir pada kegiatan itu, Komisaris PLN, Budiman menjelaskan, selain pohon dan buah, ada juga sumbangan rumah ibada bagi Umat Islam, Kristen dan Hindu, masing-masing sebanyak 20 rumah dan 100 kitab Al Qur'an dengan total dana mencapai Rp1,5 miliar.

"Rakyat sejahtera pertahanan kuat. Dari sekian program PLN ada juga program sosial kemasyarakatan dan ini yang bisa kami sumbangkan bagi masyarakat menumbuhkembangkan daya menanam masyarakat karena dengan menanam pohon, baik pohon keras dan pohon buah, akan dapat bermanfaat," kata Budiman.

Ia juga mengapresiasi kerja Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo yang menginisiasi gerakan penanaman pohon tersebut.

"Pa Doni ini orang yang memiliki jiwa kepekaan terhadap lingkungan dan berjiwa sosialis, jadi wajar beliau lakukan hal ini," puji Budiman.

Sementara itu, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo, saat menyampaikan sambutan mengatakan, Maluku dan Maluku Utara memiliki tanah yang sangat subur dan masih banyak tanah yang belum dimanfaatkan masyarakat untuk berbudaya menanam.

"Tanah Maluku - Maluku Utara ini luar biasa. Banyak buah-buah dan pohon kayu yang memiliki kualitas yang luar biasa. Tanah yang subur dan masih banyak yang kosong ini harus dimanfaatkan masyarakat. Kita sengaja melakukan kegiatan penanaman pohon ini bertujuan merangsang masyarakat terbiasa menanam pohon keras dan buah. Karena jika ditanam. dua sampai lima tahun kemudian, masyarakat dapat menikmati hasilnya. Masyarakat niscaya akan sejahtera," jelasnya.

Dikatakan masyarakat sejahtera, TNI kuat dan Negara juga kuat. "Masyarakat adalah pertahanan cadangan Negara. TNI dalam posisi Negara yang aman seperti ini maka TNI berperan aktif bagaimana membantu pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat. Dan ini yang bisa kami lakukan," tandasnya.
TNI-Polri 5826567579176639274

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang