Tiga Korban Tenggelam Longboat di Obi Belum Ditemukan | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Tiga Korban Tenggelam Longboat di Obi Belum Ditemukan

BERITA MALUKU. Proses pencarian terhadap tiga korban tenggelamnya longboat Putri Tunggal 3 yang tenggelam di perairan Pulau Tapa Obi, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut), hingga kini terus dilakukan.

"Meski begitu, pencarian yang dilakukan Basarnas Provinsi Malut dibantu Anggota Polsek Obi dan Polres Halsel, belum juga berhasil menemukan ketiga korban," kata Kasat Serse Polres Halsel, AKP Sahrul Hariyadi, di Ternate, Kamis (5/1/2017).

Ketiga korban diketahui masing-masing bernama Latamrin Ode Kampion (43), Arjuli (37) dan Hamid Buton (53) alias Lakaduta, kades Kampung Baru Obi tersebut.

Proses pencarian itu baru berhasil menemukan sejumlah barang yang diketahui milik PT Wanatiara Persada yang diangkut kapal yang tenggelam.

Dirinya membenarkan telah ditemukannya sejumlah barang yang diduga kuat ikut tenggelam bersamaan dengan long boat Putri tunggal tersebut.

Bahkan, barang-barang yang ditemukan oleh tim yang melakukan pencarian itu yakni 6 buah drum plastik, 1 buah jeregen kosong ukuran 25 liter, satu corong minyak dan empat lembar papan dek long boat warna hijau.

Menurutnya, barang-barang ditemukan itu diduga kuat adalah milik PT WP yang diangkut menggunakan kapal yang mengalami kecelakaan tersebut.

"Dari hasil konfirmasi ke karyawan PT. WP membenarkan bahwa barang-barang itu milik PT. WP sebab ada label perusahaan pada barang-barang tersebut," ujarnya.

Barang-barang itu ditemukan di perairan selat Obi, perbatasan Raja Empat Papua tepatnya di pesisir Pulau waitenger Kabupaten Raja Empat dan untuk tiga korban yang hilang hingga saat ini belum ditemukan.

"Proses pencarian masih berlangsung. Pencarian dilakukan Basarnas Provinsi dan diback up Polsek Obi," ujarnya.

Ditanya kemungkinan akan dihentikan pencarian, mengingat sudah memasuki hari keenam, pihaknya belum dapat memastikan sebab pencarian itu dikoordinir langsung oleh Basarnas Provinsi Malut.

Sekedar diketahui, peristiwa nahas yang mengakibatkan hilangnya tiga warga itu terjadi pada Kamis (29/12) lalu di perairan Pulau Tapa Kecamatan Obi utara.

Kapal tersebut berangkat dari pelabuhan Kupal dengan tujuan ke Perusahaan PT Wanatiara Persada desa Kawasi, Kamis pagi sekitar pukul 04.00 wit, dengan membawa BBM jenis premium 5000 kilo liter dan bahan-bahan kebutuhan pokok milik perusahaan tambang PT Wanatiara Persada.

Saat memasuki perairan Pulau Tapa Obi, longboat yang diawaki tiga ABK dan satu penumpang yakni kades Kampung Baru Obi itu dihantam gelombang tinggi mengakibatkan kapal tersebut tenggelam.

Akibat peristiwa itu, ketiga korban hingga kini belum ditemukan, sementara satu korban ditemukan dalam keadaan selamat oleh warga di pantai desa Madopolo, Kecamatan Obi Utara dan sempat menjalani perawatan medis di puskesmas Madopolo.
Malut 7086943704895790255
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks