Pemprov Maluku Fokus Kembangkan Sektor Industri | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemprov Maluku Fokus Kembangkan Sektor Industri

BERITA MALUKU. Sepanjang tahun 2016, inflasi Maluku masih tercatat pada level yang rendah dan stabil, terbukti dalam perayaan Natal 25 Desember 2016 dan Tahun Baru 1 Januari 2017, inflasi Maluku sangat baik. Hal ini membuktikan stabilitas barang terkendali dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi.

“Kita harapkan kedepan dengan ekonomi semakin kondusif, investor bisa datang untuk berinvestasi di Maluku terutama di sektor industri. Untuk itu, kedepan kita akan kembangkan sektor industri. Sehingga ada satu keseimbangan antara sektor primer, sekunder dan sosial. Mengingat saat ini yang paling dominan ada di sektor sosial, semustinya sektor-sektor lain sebagai penumpang sektor primer,” kata Seketaris Daerah Maluku, Hamin Bin Tahir, Kamis (5/1).

Selain itu dikatakan, sektor produktif juga berpengaruh terhadap angka pengangguran dan kemiskinan, sehingga kedepan akan lebih mengarah pada pemberdayaan masyarakat secara ekonomi.

“Hasil produksi langsung diekspor, untuk berapa banyak dan kolerasinya dengan lapangan kerja, tergantung investor yang datang memberikan nilai tambah untuk produksi, tentunya membuka lapangan kerja baru dan menciptakan pendapatan baru,” ucapnya. 

Menurutnya, hal ini berpengaruh terhadap keseimbangan kontribusi perekonomian. Namun jika hanya sektor primer pertanian dikembangkan tinggi, sedangkan sektor jasa langsung eskport tanpa dibarengi di sektor industri otomatis akan terjadi stagnan dalam rangka membuka lapangan kerja, sekaligus menanggulangi kemiskinan.

Dijelaskan, upaya penanggulangan kemiskinan bukan hanya berpatokan terhadap hal-hal tersebut, namun bisa melalui program pemberdayaan koperasi, pembangunan lingkungan dan perumahan.

“Nantinya juga ada ukuran-ukuran dalam perhitungan ekonomi terhadap komiditi-komoditi yang dikembangkan untuk dijadikan sebagai prioritas, tergantung keunggulan komoditi sesuai potensi lahan yang ada,” tuturnya.
Pemprov 2077313041611841347

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang