Cuaca di Malut Buruk Hambat Pengiriman Kebutuhan Pokok | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Cuaca di Malut Buruk Hambat Pengiriman Kebutuhan Pokok

BERITA MALUKU. Sejumlah pemasok mengakui cuaca buruk dalam sepekan terakhir menghambat pengiriman berbagai kebutuhan pokok ke Maluku Utara (Malut) terutama dari Manado dan Jawa ke Kota Ternate.

"Karena cuaca buruk, sehingga stok kebutuhan yang ada sedikit mengalami keterlambatan. Dengan begitu, jika stoknya terus mengalami keterlambatan, maka harga-harga barang pokok bisa saja mengalami kenaikan karena kekurangan stok," kata Ketua Asosiasi Pemasok Kota Ternate Nursidik di Ternate, Kamis (26/1/2017).

Dia mengatakan jika kondisi itu berlanjut maka harga kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan.

Stok kebutuhan pokok yang saat ini mengalami keterlambatan adalah tomat, wortel, kol dan lainnya dan itu semua merupakan bahan-bahan pokok yang dibutuhkan di Kota Ternate.

Saat ini, keterlambatan itu belum mempengaruhi harga bahan pokok karena stok yang ada masih dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga masyarakat diharap tidak terlalu khawatir.

Namun jika cuaca buruk terus terjadi, Nursidik khawatir kenaikan harga barang tidak terhindari.

"Mungkin karena saat ini angin ke utara, sehingga dari tujuan Manado ke Ternate mengalami sedikit terlambatan, apalagi jika kapal membawa barang-barang yang banyak, itu berarti mereka juga harus mengatur kecepatan dan siap-siap menghindar jika mengalami cuaca yang buruk dalam perjalanan," ujarnya.

Oleh karena itu, dia berharap cuaca segera membaik agar pengiriman barang lancar dan pengiriman barang sesuai jadwal.

Ia mengaku untuk Kota Ternate, jika pengiriman barang mengalami keterlambatan maka dapat memacu kenaikan harga dan jika gejolak harga terus terjadi maka dapat menyebabkan inflasi.
Malut 258370128942935024
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks