BMKG Imbau Nelayan Waspadai Hujan Lebat di Laut Banda | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

BMKG Imbau Nelayan Waspadai Hujan Lebat di Laut Banda

BERITA MALUKU. Nelayan tradisional diimbau mewaspadai hujan lebat disertai petir di laut Banda, kabupaten Maluku Tengah pada beberapa hari ke depan.

Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon, George Mahubessy, dikonfirmasi, Sabtu (17/12/2016) mengatakan, kondisi cuaca ini dipengaruhi adanya awan gelap (Cumulonimbus) di lokasi tersebut yang dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang.

Para nelayan perlu mewaspadai kondisi cuaca tersebut karena tinggi gelombang di laut Banda mencapai 2,5 meter.

Mereka yang hendak menangkap ikan diminta tidak memaksakan diri melaut dengan mengandalkan armada tradisional.

Armada tradisional tidak kuat menahan kondisi cuaca tersebut dengan sewaktu - waktu terjadi perubahan kecepatan angin sehingga mempengaruhi tinggi gelombang.

"Jadi imbauan kondisi cuaca telah disampaikan melalui masing - masing Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di sembilan kabupaten dan dua kota, termasukpara Bupati maupun Wali Kota," ujar George.

Dia mengingatkan, bila terjadi kondisi cuaca ekstrim, maka Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon berwenang tidak memberikan izin berlayar, bahkan sekiranya dipandang perlu aktivitas pelayaran untuk sementara ditutup sambil menunggu laporan perkembangan cuaca terbaru.

Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan.
Bencana Alam 5875206838592141047
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks