39 Sekolah di Pidie Jaya Rusak Akibat Gempa | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

39 Sekolah di Pidie Jaya Rusak Akibat Gempa

Sumber Foto: CNN Indonesia
NASIONAL - BERITA MALUKU. Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, menyatakan 39 unit bangunan sekolah dari berbagai jenjang rusak akibat gempa 6,5 skala Ricther yang melanda daerah itu.

"Ada 39 bangunan sekolah yang rusak. Dari jumlah tersebut, lima di antaranya rusak parah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie Jaya Saiful MPd yang dihubungi Antara dari Banda Aceh, Kamis (8/12/2016).

Bangun sekolah yang rusak akibat gempa yang terjadi Rabu (7/12) pagi tersebut yakni 19 unit sekolah dasar (SD) dan dua di antaranya rusak parah. Sekolah menengah pertama (SMP) yang rusak mencapai 11 unit.

Kemudian, sekolah menengah atas (SMA) satu unit, sekolah menengah kejuruan tiga unit, dua di antaranya rusak parah. Serta taman kanak-kanak (TK) yang rusak lima unit, satu di antaranya rusak parah.

Sedangkan korban gempa di kalangan pendidik, kata Saiful, seorang guru SD, seorang guru TK, seorang pesuruh sekolah, dan seorang siswa meninggal dunia. Serta tiga orang siswa mengalami luka parah.

Saiful menyebutkan, aktivitas sekolah pada hari kedua pascagempa, guru tetap masuk sekolah. Namun, aktivitas belajar mengajar belum berjalan normal.

"Sekolah tidak libur. Namun, anak-anak didik masih trauma. Setiap guru yang tidak mengalami dampak langsung gempa diimbau untuk datang ke sekolah," kata Saiful menyebutkan.

Tujuan ke sekolah, kata dia, melayani anak didik yang datang atau mendata apa saja yang dibutuhkan setiap sekolah pascagempa. Termasuk menerima informasi terkait bencana tersebut.

"Kami mengimbau sekolah, terutama yang tidak menjadi dampak langsung bencana tetap beraktivitas. Namun begitu, harus dimaklumi juga kondisi masyarakat saat ini," kata Saiful MPd.

Gempa berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) terjadi Rabu (7/12) pukul 05.03 WIB. Gempa dengan pusat di Kabupaten Pidie Jaya menyebabkan puluhan orang menjadi korban meninggal dunia dan ratusan luka-luka.

Korban meninggal dunia kebanyakan akibat terhimpit reruntuhan bangunan. Lebih dari seratus bangunan roboh akibat gempa tersebut.
Nasional 8445800687322700159

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# BERITA RAMADHAN

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang