Peringati HGN dan PGRI Ke-71, Wagub Akui Profesionalisme Guru Belum Optimal | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Peringati HGN dan PGRI Ke-71, Wagub Akui Profesionalisme Guru Belum Optimal

BERITA MALUKU. Peringati hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesian (PGRI) ke-71 yang dipusatkan di kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah Kamis (24/11), Gubernur Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua selaku Inspektur Upacara (Irup), mengakui selama ini perfesionalisme Guru belum optimal.

"Tingkat perofesionalisme guru-guru di Indonesia masih belum optimal. Padahal guru memiliki peran yang amat mulia dan amat strategis," kata Sahuburua dalam membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhajir Efendy.

Menurutnya, tidak ada sosok sukses yang tidak melewati sentuhan seorang guru. Kita semua bisa berdiri tegak saat ini juga karena pernah ditempa oleh para guru.

Dikatakan, pemerintah telah bertekad meningkatkan kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik. Hal ini tentu sejalan dengan tema HGN dan PGRI ke-71 "Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”.

Dengan demikian, dirinya berharap, hal ini berimplikasi nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja guru, dibuktikan dengan peningkatan mutu proses dan hasil belajar siswa.

"Kedepan perlu segera dirumuskan kebijakan, agar sebagian tunjangan profesi guru bisa diinvestasikan bagi peningkatan kinerja guru melalui program pelatihan dan usaha guru belajar mandiri," katanya.

Lanjut Wagub, Profesionalisme guru, khususnya berkaitan dengan pengembangan keprofesian dan karirnya makin terus ditumbuhkembangkan. Beberapa kebijakan strategis untuk membentuk guru yang profesional, sejahtera, bermartabat, dan terlindungi sedang dan akan terus dilakukan oleh pemerintah di semua tingkatan.

"Peningkatan profesionalisme guru menjadi salah satu dari lima agenda utama pembangunan pendidikan nasional," ujarnya.
Pendidikan 728590667058783245

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang