Dikunjungi Konjen Australia, Gubernur Dorong Buka Rute Saumlaki-Darwin | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Dikunjungi Konjen Australia, Gubernur Dorong Buka Rute Saumlaki-Darwin

Boby Palapia
BERITA MALUKU. Gubernur Maluku, Said Assagaff mengungkapkan, dalam pertemuan bersama Konsulat Jenderal (Konjen) Australia, Mr. Richard Mathewsdi ruang kerjanya, dirinya mendorong untuk segera membuka penerbangan rute Saumlaki-Darwin.

"Gubernur berkeinginan untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) dan sektor pariwisata lewat pintu penerbangan International, Saumlaki-Darwin," kata Kepala Bagian Humas, Biro Umum, Provinsi Maluku, Boby Kim Palapia kepada wartawan diruang kierjanya, Selasa (29/11/2016).

Menurutnya, dengan dibukanya rute Saumlaki- Darwin, maka setiap tahun pemerintah provinsi Maluku akan mengirimkan, setidaknya 100 siswa lulusan SMA untuk melanjutkan study mereka di Australia.

"Gubernur tadi tegaskan, dengan dibukanya rute ini, maka pemerintah provinsi telah berkomitmen untuk mengirimkan setidaknya 100 orang lulusan SMA untuk menuntut ilmu di Australia. Sudah tentu rute tersebut akan mempermudah pemerintah," ungkap Palapia.

Bukan hanya sekedar meningkatkan sektor SDM, gubernur juga katanya ingin agar sektor pariwisata dapat menjadi objek utama, saat rute Saumlaki-Darwin di buka.

Dijelaskan, Gubernur sangat mengharapkan agar pemerintah provinsi juga harus dapat mengoptimalkan spot-spot pariwisata yang ada, agar bisa menjadi tujuan saat rute ini dibuka. Kan, alam Maluku sudah sangat menjanjikan, tinggal di poles saja," jelasnya.

Disisi lain, gubernur juga menyampaikan harapannya kepada Konjen Australia, dimana ia sangat berharap ada rute penerbangan Bali-Ambon, sehingga wisatawan yang ingin berkunjung ke Ambon tidak perlu menunggu transit untuk bisa menikmati indahnya alam Maluku.

Sementara dari pihak Konjen Australia Richard Mathews menegaskan, pemerintah Australia tidak hanya tertarik dengan sektor pariwisata, tetapi mereka juga telah menawarkan adanya kursus untuk peningkatan SDM yakni kursus perencanaan pembangunan di bidang kelautan, sosial dan ekonomi serta industri pariwisata yang berkelanjutan.

Adapun tawaran kursus ini, rencanannya dimulai tahun depan dengan mengirimkan 20 orang. Strategi kursusnya pun, selama 1 tahun akan belajar di Makassar dan 1 tahun d Asutralia.
Birokrasi 7614487536047742136

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang