Tiga Pemda Malut Percepat Pengembangan Segitiga Emas Sehati | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Tiga Pemda Malut Percepat Pengembangan Segitiga Emas Sehati

BERITA MALUKU. Tiga pemda kabupaten/kota di Maluku Utara (Malut) sepakat mempercepat pengembangan "Segitiga Emas" Halmahera Barat, Ternate dan Kota Tidore (Sehati) menjadi kawasan ekonomi terpadu bebasis ketahanan pangan sekaligus menekan tingkat inflasi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Ternate, Said Assagaf di Ternate, Kamis (22/9/2016), mengatakan, tujuan dari segitiga emas melalui kerjasama tiga daerah adalah bagaimana menjamin ketersediaan ketahanan pangan bagi ketiga daerah tersebut.

"Segitiga emas dalam program prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah mewujudkan konektivitas antar wilayah (Tidore, Ternate, Jailolo) untuk menjamin keterpenuhan komoditas kebutuhan pokok yang terkait ketahanan pangan," katanya.

Menurut Said, gagasan ini penting untuk menjawab permasalahan tingkat inflasi yang fluktuatif di Kota Ternate, dimana salah satu penyebab adalah panjangnya mata rantai distribusi barang dan jasa diantaranya termasuk komoditas kebutuhan pokok.

Dengan adanya kerjasama segitiga emas ini diharapkan bisa memotong mata rantai distribusi, apalagi sejumlah kebutuhan pokok komoditas pangan Kota Ternate dapat didistri busi oleh dua daerah ini.

Dia mengatakan, Jailolo dan Tidore menjadi pemasok kebutuhan pangan dan tidak lagi didistribusi oleh Surabaya (Jawa Timur) maupun Sulawesi Selatan yang biayanya lebih besar.

Karena itu, 13 September 2016, digelar Rapat Koordinasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait penyusunan program yang akan dituangkan dalam Master Plan Setitiga Emas.

"Master plan kerjasama segi tiga emas ini merupakan peta jalan atau 'blue print' jangka pendek dalam mewujudkan sinergitas kebijakan antar tiga daerah dalam rangka menjawab tujuan dan maksud pembentukan segitiga emas dengan terpenuhinya kebutuhan pangan," kata Said.

Sehingga, Kabupaten Halmahera Barat sebagai penghasil berbagai kebutuhan pokok akan didistribusikan ke Kota Ternate dan Tidore Kepulauan guna memenuhi kebutuhan hidup masyarakat yang selama ini mendapat pasokan dari wilayah Pulau Sulawesi.
Malut 4874620707218967535

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang