Status Polda Maluku Tipe A Diusulkan ke Kapolri, Pemprov-DPRD Mendukung | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Status Polda Maluku Tipe A Diusulkan ke Kapolri, Pemprov-DPRD Mendukung

BERITA MALUKU. Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Solaeman Waliuluw mengakui pemerintah maupun DPRD setempat telah memberikan dukungan terkait usulan peningkatan status Polda dari tipe B menjadi tipe A kepada Kapolri.

"Bukti dukungan itu sudah dilakukan Pemprov bersama DPRD Maluku dengan melayangkan surat resmi ke Kapolri sejak 12 Agustus 2016 sebagai salah satu syarat untuk meningkatkan status Polda," katanya, di Ambon, Senin (19/9/2016).

Sedangkan usulan resmi dari Polda Maluku melalui Bagian Perencanaan dikirimkan ke Mabes Polri sejak 10 Agustus 2016.

Menurut Kabid Humas, usulan peningkatan status Polda Maluku saat ini sudah menjadi kebutuhan organisasi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan aparat kepolisian negara lebih maksimal kepada masyarakat serta menjaga situasi kamtibmas.

Bila Kapolri menyetujui usulan tersebut, tentunya ke depan akan dipikirkan penambahan personil Polri maupun keberadaan Mapolda yang lebih represantif.

Apalagi luas wilayah perairan Maluku lebih dominan dari daratannya dan belum semua kecamatan yang tersebar pada sembilan kabupaten dan dua kota ada kantor Polsek.

"Saat ini Polda Maluku baru memiliki delapan Polres yang menangani 11 kabupaten/kota sehingga lewat pengusulan peningkatan status menjadi tipe A maka pembenahan internal akan dilakukan secara bertahap," ujarnya.

Kemudian untuk status Polres seperti Kota Ambon kemungkinan dikembangkan menjadi Poltabes, Polwil, atau Polresta dan dipimpin seorang perwira menengah berpangkat Kombes polisi.

Polda Maluku saat ini masih termasuk tipe B yang dipimpin jenderal polisi berbintang satu dan enam pejabat utamanya seperti kepala bidang hukum dan humas berpangkat AKBP.

Namun, bila Kapolri menyetujui usulan peningkatan status menjadi tipe A, maka akan dipimpin seorang perwira tinggi berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen), Wakapolda Brigadir jenderal.

Irwasda Polda Maluku juga kemungkinan berpangkat Brigjen polisi, sedangkan pejabat utama setingkat Kabid berpangkat Kombes polisi.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian sebelumnya juga telah memberikan sinyal akan menaikkan status Polda Sumatera Barat dan Polda Maluku dari tipe B menjadi tipe A.
TNI-Polri 5959729187858263898

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang