Peduli Lingkungan, Lanud Pattimura Inisiasi Vaksinasi Rabies | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Peduli Lingkungan, Lanud Pattimura Inisiasi Vaksinasi Rabies

BERITA MALUKU. Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Aldrin P. Mongan,S.T.,M.Hum. bersama segenap Anggota Lanud Pattimura menginisiasi Vaksinasi rabies yang disasarkan di enam desa di sekitar Pangkalan Udara Pattimura, Ambon.

Desa yang menjadi sasaran vaksinasi tersebut adalah Desa Hatiwe Besar, Tawiri, Laha, Hatu, Liliboi dan Alang.

Keenam desa ini terletak disekitar areal Lanud Pattimura.

“Vaksinasi Rabies telah kita lakukan sejak selasa (13/9) lalu yang dimulai dari Desa Hatiwe Besar, kemudian dilanjutkan di Tawiri Jumat (16/9), selanjutnya di Laha, Hatu, Liliboi dan Alang. Kita lakukan bersama-sama jajaran Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku,” Jelas komandan Lanud, Senin (19/9/2016).

Keseluruhan Anjing yang telah di vaksinasi oleh petugas dilapangan adalah sekitar 903 ekor Anjing milik warga Desa Hatiwe Besar dan Tawiri.

Setelah dilakukan vaksinasi seluruh anjing diberi tanda yaitu tali berwarna merah, sehingga nantinya dengan mudah akan terpantau mana anjing yang sudah divaksin dan mana anjing yang liar.

Kegiatan Vaksinasi Rabies ini dilakukan menyusul adanya kasus rabies yang merenggut nyawa warga Desa Tawiri sekitar pertengahan bulan Juli 2016 lalu, dimana ada warga desa Tawiri yang datang berobat ke Rumah Sakit Lanud karena digigit Anjing.

Ternyata korban sudah dalam kondisi akut karena kejadiannya sudah terjadi sekitar hampir sebulan barulah korban datang berobat.

“Waktu itu kita langsung rujuk ke RSUD Haulussy, namun nyawa korban sudah tidak bisa tertolong lagi. Kenyataan itu membuat saya dan juga jajaran Lanud Pattimura peduli dengan linkungan setempat. Kita tidak mau lagi ada korban-korban berikutnya, sehingga kita menginisiasi gerakan vaksinasi rabies yang disasarkan di enam Desa tersebut,” kata Danlanud.

Kegiatan ini juga adalah sebagai bentuk kepedulian sosial dan lingkungan yang merupakan salah satu fungsi pemberdayaan wilayah pertahanan Lanud Pattimura.(Pen PTM) 
TNI-Polri 1629097365279850894
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks