Hujan Ringan Perpotensi Terjadi di Sebagian Besar Maluku | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Hujan Ringan Perpotensi Terjadi di Sebagian Besar Maluku

BERITA MALUKU. Masyarakat diimbau mewaspadai hujan ringan yang berpotensi mengguyur sebagian besar wilayah di Maluku, kata Kepala BMKG Stasiun Pattimura Ambon George Mahubessy, di Ambon, Minggu (18/9/2016).

Kondisi cuaca tersebut tersebar di kota Ambon maupun Tual serta Kabupaten Maluku Tengah, Buru Selatan, Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Tenggara, Kepulauan Aru, Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Maluku Barat Daya.

Sedangkan, kabupaten Buru kondisi cuaca berawan, kata George seraya mengemukakan, kondisi cuaca ini memungkinkan para nelayan tradisional melaut karena kecepatan angin dibawah 20 KM/jam.

Begitu pula, tinggi gelombang yang mencapai 2,5 meter hanya berpeluang terjadi di laut Arafura yang secara geografis berbatasan dengan Australia.

"Tinggi gelombang 2,5 meter ini perlu diwaspadai masyarakat pesisir di Kepulauan Aru yang menangkap ikan dengan mengandalkan armada tradisional," ujarnya.

George mengemukakan, imbauan tersebut telah diteruskan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku maupun sembilan kabupaten dan dua kota.

Begitu pun, kepada para bupati maupun wali kota se- Maluku agar mengingatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis agar memperhatikan peringatan dini dari BMKG.

Dia juga mengharapkan para bupati dan wali kota agar mengimbau perusahan penyedia maupun pengguna jasa transportasi laut untuk memperhatikan perubahan cuaca secara ekstrim sehingga tidak memaksakan diri berlayar.

"Para pengguna jasa transportasi juga hendaknya memaklumi bila terjadi penundaan dan keterlambatan jadwal keberangkatan kapal laut akibat faktor cuaca karena pertimbangan perlunya memprioritaskan keselamatan," tandas George.
Bencana Alam 2731604549443862847
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks