Harga Bawang Merah di Ternate Naik | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Harga Bawang Merah di Ternate Naik

BERITA MALUKU. Harga bawang merah di Ternate, Maluku Utara (Malut) yang pada pekan lalu hanya Rp50 ribu per kg, sekarang naik menjadi Rp56 ribu per kilogram karena terbatasnya stok di pasaran.

Pedagang bawang di Pasar Higienis Ternate, Kirman ketika dihubungi, Selasa (20/9/2016) mengatakan pasokan bawang merah dari Nusa Tenggara Barat, Jawa dan Sulawesi terlambat masuk sehingga stok di Ternate terbatas.

Sedangkan bawang putih yang pada pekan lalu harganya Rp50 ribu per kg, sekarang turun menjadi Rp46 ribu per kg, namun masih di atas harga normal di daerah ini Rp25 ribu sampai Rp30 ribu per kg.

Sementara itu, harga cabai masih stabil yakni untuk cabai kriting Rp35 ribu per kg dan cabai nona Rp40 per kg, sedangkan harga tomat turun dari Rp10 ribu per kg pada pekan lalu menjadi Rp8.000 per kg.

Harga daging juga tetap stabil pada angka Rp110 ribu per kg, ayam potong Rp35 ribu per ekor dan telur turun dari Rp1700 per butir menjad Rp1600 per butir jika dibandingkan dengan pekan lalu.

Begitu pula harga ikan tidak mengalami perubahan ikan tuna sirip kuning Rp140 ribu per ekor untuk ukuran sedang ikan, tuna ukuran super Rp700 ribu per ekor, cakalang ukuran kecil Rp40 ribu per ekor, Rp20 ribu untuk 15 ekor sedang ikan sorihi Rp20 ribu unutk 10 ekor.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Arief Abdul Gani secara terpisah mengatakan, pihaknya telah meminta kepada distributor bawang merah di daerah ini untuk segera mempercepat pasokan bawang merah dari Sulawesi atau Jawa agar harganya di pasaran Ternate bisa normal kembali.

Selain itu juga meminta kepada para pedagang untuk mengupayakan pengadaan bawang merah lokal dari sejumlah kabupaten di Malut, seperti bawang topo dari Tidore Kepulauan, karena bawang ini juga banyak dimintai masyarakat.
Malut 5587962568930051698
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks