Unpatti Targetkan Terima 5.000 Mahasiswa Baru Melalui Tiga Jalur | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Unpatti Targetkan Terima 5.000 Mahasiswa Baru Melalui Tiga Jalur

BERITA MALUKU. Universitas Pattimura (UNPATTI) Ambon menerima calon mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 melalui tiga jalur dan menargetkan sebanyak 5.000 orang.

"Kita menerima calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi mandiri (Ujian Mandiri) dengan menargetkan 5.000 mahasiswa," kata Pembantu Rektor I Unpatti, Muhammad Riadh Uluputty, di Ambon, Selasa (9/8/2016).

Menurut dia, setelah dievalusi hasil seleksi, baik melalui jalur SNMPTN maupun SBMPT ternyata belum mencapai target, sehingga Perguruan Tinggi Negeri di masing-masing daerah diberikan kewenanagan penuh untuk melaksanakan seleksi mandiri.

"Unpatti sudah melakukan seleksi mandiri satu dan akan diberikan kesempatan lagi untuk seleksi mandiri dua bagi yang belum lulus," kata Muhammad.

Ia menjelaskan, di Unpatti masih banyak Program Studi(Prodi) yang belum terisi oleh mahasiswa baru. Karena itu, dibuka jalur mandiri dua, untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang tidak lolos melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri Satu.

"Saya pikir seleksi melalui mandiri dua sangat baik, sehingga diberikan kesempatan bagi mereka yang belum lulus. Karena itu, masih ada kesempatan untuk belajar lebih giat lagi, supaya hasilnya memuaskan dan dapat diterima di Unpatti," ujarnya.

Muhammad mengakui, bagi calon mahasiswa yang sudah mengikuti seleksi dan tidak lulus, ini terjadi karena ada beberapa kekurangan diantaranya ada bagian yang tidak tuntas dalam penyelesaian materi seleksi.

"Calon mahasiswa yang tidak lulus karena kualitas mereka rendah, sehingga tidak bisa memenuhi standar kuota kelulusan itu," tandasnya.

Muhammad mengatakan, ujian seleksi masuk Unpatti melalui sistem online, sebelumnya hal ini sudah disosialisasikan, sehingga tidak ada masalah. Tetapi bagi calon mahasiswa yang belum mengerti mengimput data, perlu mendaftarkan nama ke pihak rektorat supaya bisa dibantu, terutama mereka yang akan mengikuti seleksi mandiri dua.

"Tidak ada garansi bagi mereka yang mengikuti seleksi mandiri dua bisa lulus, karena kalau diberi garansi, tidak perlu lagi melakukan seleksi, ini harus dipahami," tandasnya.

Disinggung minat calon mahasiswa masuk Unpatti tahun akademik 2016/2017, dia menjelaskan, hampir sama saja, karena yang mendafar jumlahnya berkisar 15.000 - 17.000 orang.

"Jumlah 5.000 itu, diharapkan bisa terserap ke seluruh Prodi yang ada di Unpatti," katanya.

Ia mengemukakan, calon mahasiswa yang masuk di Unpatti, tidak hanya yang berasal dari daerah Maluku saja, tetapi ada yang berasal dari Aceh, Medan dan dari daerah lainnya di Indonesia.

"Sekarang kita mengutamakan mutu, sehingga orang dari luar, percaya bahwa proses akademik di Unpatti tidak kalah dengan perguruan tinggi di daerah lain. Kalau kita asal-asalan, sangat berpengaruh terhadap akreditas lembaga," kata Muhammad.
Pendidikan 7698691536640540304

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang