50 Lulusan SMA di Maluku Terima Beasiswa Afirmasi Pendidikan 3T | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

50 Lulusan SMA di Maluku Terima Beasiswa Afirmasi Pendidikan 3T

BERITA MALUKU. Sebanyak 50 siswa lulusan SMA maupun sederajat di 11 kabupaten/kota se-Maluku menerima beasiswa Afirmasi Pendidikan 3T (ADIT) dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kemenristek dan Dikti.

"50 orang itu sebelumnya menjalani seleksi ekstra ketat dari 320 orang yang berminat mengikuti program tersebut," kata Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Saleh Thio di Ambon, Selasa (9/8/2016).

Awalnya, Maluku hanya mendapat kuota 40 orang namun ada penambahan 10 orang sehingga menjadi 50 orang yang berhak menerima program beasiswa tersebut.

"50 orang penerima beasiswa itu berhak melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi (PT) di berbagai universitas di Tanah Air yang ditunjuk Dikti," ujar Saleh.

Dia mengapresiasi prestasi yang diraih 50 orang tersebut dengan menunjukkan perhatian pemerintah pusat bagi pengembangan pendidikan di Maluku.

"Mereka nantinya berangkat ke Jakarta pada akhir Agustus 2016 ke universitas masing-masing tujuan, menyusul pengurusan, pemberkasan dan kelengkapan administrasi rampung," kata Saleh.

Sementara itu, mengenai pengembangan pendidikan di Maluku, Saleh menjelaskan berdasarkan evaluasi masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan karena dihadapkan peningkatan akses pendidikan di daerah ternyata banyak belum terjawab.

Apalagi Maluku dengan 1.340 buah pulau dengan 92,4 persen dari wilayahnya seluas 712.480 kilometer persegi adalah laut sehingga transportasi masih menjadi masalah.

Begitu pula dengan penerapan informasi teknologi yang seharusnya sudah menerapkan pendaftaran siswa baru dengan sistem daring, ternyata belum berlaku di sembilan kabupaten dan dua kota sehubungan jangkauan pelayanan PT PLN (Persero) yang masih terbatas.

"Terpenting delapan ribu lebih dari 31.000 guru di Maluku belum berstatus PNS sehingga pengembangan pendidikan belum optimal," tandas Saleh Thio.
Pendidikan 4779077373156860257

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang