Tercatat, Dalam Tahun Ini 30 Kali Terjadi Gempa Bumi 5 SR di Maluku | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Tercatat, Dalam Tahun Ini 30 Kali Terjadi Gempa Bumi 5 SR di Maluku

BERITA MALUKU. Dari seluruh daerah yang ada di Indonesia, Maluku merupakan salah satu kawasan rawan gempa dan tsunami, terbukti dalam sehari, gempa bisa mencapai 14 kali.

Menurut Direktur Kesiapsiagaan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI, Medi Herlianto, tercatat gempa berkekuatan 5 skala liter dalam tahun ini di Maluku sudah mencapai 30 kali.

“Hingga akhir tahun ini bisa saja akan terjadi gempa susulan dengan skala yang sama, bahkan bisa lebih dari 5 skala liter,” ungkap Herlianto usai menghadiri pembukaan final planning conference Table Top Exercise (TTX) dalam menghadapu ancaman gempa bumi dan tsunami, yang berlangsung di lantai enam, kantor Gubernur Maluku, Kamis (18/8/2016).

Tak hanya itu, hasil kajian UNESCO dan ITB membuktikan, 40 persen gempa bumi dan tsunami di Indonesia ada di Maluku. Hal tersebut disebabkan, Maluku berada di tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

Dijelaskan, daerah-daerah rawan gempa di Maluku meliputi wilayah-wilayah bagian tenggara, Pulau Ambon, Seram dan Buru. Sedangkan pusat patahan di antaranya berada di Laut Ambon dan Seram Bagian Barat (SBB).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kata Herlianto harus ada intervensi pemerintah dengan membangun mitigasi structural. Untuk itu, diperlukan adanya integrasi kebencanaan, walaupun kosekuensinya anggaran.

“Hal ini merupakan tanggungjawab pemerintah daerah provinsi Maluku, untuk mensinergikan hal ini. Jangan masyarakat yang menjadi korban, akibat dari tidak adanya dukungan dari pemerintah untuk mengantisipasi gempa bumi dan tsunami,” pungkasnya.
Bencana Alam 4844655005757085449

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang