Sejumlah Negara Dipastikan Ikut Table Top Exercise Internasional di Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Sejumlah Negara Dipastikan Ikut Table Top Exercise Internasional di Ambon

BERITA MALUKU. Sejumlah negara dipastikan akan mengikuti kegiatan Table Top Exercise internasional di Kota Ambon, Maluku, 15-17 November 2016.

"Negara yang dipastikan menghadiri kegiatan TTX di antaranya Amerika Serikat, Jepang, India, Selandia Baru, Rusia, Australia, China, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, Laos, Myanmar, dan Kamboja," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Ambon Enrico Matitaputty di Ambon, Selasa (30/8/2016).

Menurut dia, selain negara ASEAN, Eropa dan Amerika, sejumlah organisasi dunia seperti WHO juga dipastikan akan menghadiri kegiatan tersebut.

Perwakilan dalam negeri yang akan hadir adalah Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Basarnas, TNI dan Polri serta BNPB.

"Kegiatan ini akan dibuka secara resmi oleh Ketua BNPB RI Syamsul Maarif yang akan dilaksanakan di Hotel The Natsepa Ambon," ujarnya.

Enrico menjelaskan kesiapan penyelenggaraan kegiatan TTX mencapai 80 persen, selanjutnya hanya menyiapkan tempat pelaksanaan dan akomondasi bagi peserta.

"Sebagai tuan rumah harus memberikan pelayanan yang terbaik dan membuktikan kalau kita memang siap untuk menggelar kegiatan yang bertaraf internasional," katanya.

Ia menyatakan, rangkaian kegiatan TTX yakni simulasi bencana alam dan bagaimana upaya penanggulangan , serta apa yang harus dilakukan masyarakat dan pemerintah.

Sebelum pelaksanaan TTX Internasional BPBD Maluku dan kota Ambon menggelar TTX penanggulangan bencana gempa bumi tsunami yang dipusatkan di Kota Ambon pada 30 Agustus 2016.

"Tahap awal juga akan dilakukan rencana kontingensi penanggulangan bencana kepada aparatur pemerintah desa, negeri dan kelurahan di Ambon untuk mendapatkan gambaran penanggulangan bencana," tandasnya.

Disinggung kenapa Kota Ambon yang dipilih, Enrico mengakui puluhan tahun lalu Ambon pernah mengalami bencana alam tsunami, serta bencana banjir dan longsor dua tahun berturut-turut yakni tahun 2012 dan 2013.

"Ambon menjadi perhatian dunia dan secara nasional dalam penanggulangan bencana Kota Ambon dinyatakan terbaik karena mampu menangani dan mengatasi masalah bencana dengan baik dibandingkan dengan daerah lain," katanya.
Aneka 1386514126035418169

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang