Pemprov Maluku Silaturahmi Bersama WARAKAWURI | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemprov Maluku Silaturahmi Bersama WARAKAWURI

BERITA MALUKU. Usai memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71, Pemerintah Provinsi Maluku melakukan silahturahmi bersama pahlawan dan janda pahlawan (WARAKAWURI).


Silaturahmi berlangsung di kantor Gubernur Maluku, Rabu (17/8) turut dihadiri Pimpinan SKPD lingkup pemprov Maluku, jajaran TNI/Polri.

Wakil Gubernur, Zeth Sahuburua dalam sambutannya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pejuang, keluarga pejuang dan WARAKAWURI atas jasa-jasa dan pengorbanan yang dilakukan, demi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kepada seluruh pemuda-pemudidi Maluku, untuk memperkuat pemahaman tentang sejarah perjuangan bangsa, serta menanamkan nilai-nilai nasionalisme, pariotisme, cinta tanah air, semangat bela negara dan sikap rela berkorban bagi kepentingan bangsa dan negara,” ajaknya.

Dikatakan, salah satu tangan terbesar dalam kehidupan masyarakat modern di Indonesia adalah pudarnya nilai-nilai solidaritas sosial dan menguatnya nilai-nilai individualism dan pragmatism. Fenomena ini bukan hanya terjadi dalam masyarakat perkotaan, tetapi juga mulai merambat sampai ke masyarakat perdesaan.

Menurutnya, secara perlahan fenomena ini menyebabkan pergeseran tata nilai masyarakat, seperti nilai-nilai kesopanan, tenggang rasa, kasih sayang dan kebersamaan baik dalam lingkungan keluarga, maupun antar kelompok masyarakat. Yakni insiden antar negeri yang terjadi, dan diantaranya bahkan disertai dengan kekerasan yang terjadi belakangan ini di Maluku, adalah salah satu contoh dari terdistorisnya nilai-nilai solidaritas dan persaudaraan, yang sejatinya menjadi dasar dalam membangun kehidupan bersama.

“Sikap individulistik dan pragmatis ini ikut mendorong semakin menguatnya rasa primordial sempit, yang mengikis rasa kebersamaan kita,” pungkasnya.

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus mengembangkan kesadaran kolektif tentang indahnya kebersamaan hidup orang basudara, yang merupakan modal sosial kultural dalam membangun Maluku yang rukun, religius, damai, sejahtera, aman, berkualitas dan demokratis dijiwai semangat Siwalima berbasis kepulauan secara berkelanjutan.
Birokrasi 2389870252336715602

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang