Kepala Bakamla RI Blusukan di Maluku | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kepala Bakamla RI Blusukan di Maluku

BERITA MALUKU. Kepala Badan Keamanan Laut (Kabakamla) RI, Laksamana Madya TNI, Ari Soedewo melakukan blusukan di Maluku, Jumat (12/8/2016) dalam rangka meninjau sejumlah fasilitas keamanan laut di daerah seribu pulau ini.

Kunjungan antara lain ke pangkalan kapal patrol, memeriksa kesiapan alutsista, dalam hal ini perangkat radio HF/VHF, global maritime distress safety dan repeater tower, inspeksi ke kapal negara 4803 Kuda Laut dan kapal negara 4805 Ular Laut, kemudian diakhiri dengan silahturahmi ke Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff. 

Usai bersilahturahmi dengan Gubernur Maluku, Soedewo kepada wartawan mengatakan, bahwa kunjungannya di Maluku dalam rangka meninjau kantor dan fasilitas keamanan laut, apakah masih layak dan siap dioperasionalkan atau tidak.

Kunjungannya itu juga untuk mengetahui koordinasi dan sinergi antara pemerintah daerah dengan Bakamla Maluku, serta seluruh stakeholder Maluku dalam mengamankan laut dan aset-aset atau sumber daya alam.

“Jika dalam kunjungan ada yang masih kurang akan ditindaklanjuti,” ujarnya. 

Diungkapkan, ada dua kapal yang disiapkan untuk menjaga keamanan laut Maluku. Kedua kapal ini bisa dimanfaatkan oleh stakeholder yang ada dalam menjaga laut, mengamati keselematan, menegakan keamanan, dan memeriksa pencemaran. Apalagi tingkat pencemaran di Maluku cukup memprihatinkan, mengingat sejumlah nelayan di Maluku menggunakan potassium untuk menanggkap ikan.

“Untuk itu, dibutuhkan kesadaran masyarakat agar tidak menggunakan potassium dalam menangkap ikan,” tuturnya.

Sebagai daerah kemaritiman, fasilitas yang ada dalam menjaga laut Maluku belum bisa dikatakan ideal, karena masih kurangnya sistim yang terintegrasi, serta masih kurangnya sinergitas antar stakeholder dalam menjaga keamanan laut.
Aneka 8388495674170164412

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang