Raskin Belum Tersalur di Kecamatan Mdona Hyera MBD | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Raskin Belum Tersalur di Kecamatan Mdona Hyera MBD

BERITA MALUKU. Beras Miskin (Raskin) sampai saat ini belum juga disalurkan ke Kecamatan Mdona Hyera Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), akibatnya masyarakat kurang mampu yang tinggal di wilayah perbatasan mengeluh dan terus menunggu keberadaan beras bantuan pemerintah tersebut.

Masyarakat mengaku, sudah mengumpulkan dana untuk membeli raskin dari pihak Bulog, namun sampai saat ini raskin tak kunjung tiba.

Warga Desa Luang Timur, Kecamatan Mdona Hyera, Markus Leha kepada Berita Maluku Online, Senin (11/7/2016) mengaku, hingga kini raskin belum disalurkan di desanya termasuk sejumlah desa sekitarnya, padahal saat ini masyarakat miskin sangat menanti kehadiran raskin untuk dikonsumsi, sebab di wilayah tersebut rawan pangan.

“Masyarakat di desa kami sudah kumpul uang ke pihak kantor kecamatan untuk mendapatkan raskin tapi sampai saat ini raskin belum ada sehingga kami kecewa. Yang kami lihat, pihak kecamatan belum mengambil langkah-langkah untuk mendatangkan beras raskin ke Desa Luang Timur,” kesal lelaki tersebut.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten MBD, Tein Paliaky yang dikonfirmasi terkait penyaluran raskin Kecamatan Mdona Hyera, mengaku soal penanganan distribusi raskin tahun 2016 untuk 17 kecamatan di Kabupaten MBD ada di dinas yang dipimpinnya.

Hanya saja untuk pengadaan raskin dari bulog, belum bisa terealisir dalam waktu dekat mengingat masih ada tunggakan pembayaran dari sejumlah kecamatan lain yang totalnya mencapai Rp500 juta, sehingga pihak Bulog belum bisa menyalurkan raskin beberapa kuartal menunggu hingga sisa tunggakan terlunasi.

“Kami sudah negosiasi dengan Bulog Tual soal raskin ini namun terhambat lantaran masih ada tunggakan dari beberapa kecamatan sebesar Rp500 juta maka pihak bulog untuk sementara belum distribusi raskin kepada masyarakat melalui titik distribusi,” jelasnya.

Terhadap persoalan tunggakan ini, Paliaki mengaku sudah menyurati para camat penunggak raskin untuk segera melunasinya sehingga mempermudah Bulog menyalurkan raskin kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Untuk itu, saya meminta masyarakat di desa atau pun di kecamatan – kecamatan yang sudah menyerahkan pembayaran uang raskin untuk berasabar, sebab ini akibat adanya kesalahan beberapa camat diantaranya Kecamatam Romang, Kecamatan Dawlor, Kecamtan Lakor dan beberapa kecamatan lainnya Kecuali Kecamatan Mdona Hyera dinyatakan bebas tunggakan raskin dari Bulog,” beber Paliaky. (GLe)
Daerah 5179458247069027948

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang