Masih Ada Kasus Gizi Buruk di Mdona Hyera MBD | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Masih Ada Kasus Gizi Buruk di Mdona Hyera MBD

BERITA MALUKU. Walupun pemerintah pusat sudah gencar mengatasi penderita gizi buruk atau malnutrisi di tanah air, namun di sejumlah daerah masih ada kasus gizi buruk yang diderita balita ataupun anak-anak.

Di Desa Elo, Kecamatan Mdona Hyera, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) misalnya, akibat kurangnya pengetahuan orang tua tentang pola pemberian asupan makanan seimbang bagi anak serta dipengaruhi kondisi ekonomi keluarga yang kurang, menyebabkan sejumlah balita dan anak terkena kasus gizi buruk.

Tokoh masyarakat Kecamatan Mdona Hyera, G.Lowatu kepada Berita Maluku Online, Kamis (14/7/2016) mengatakan, adanya kasus gizi buruk di wilayahnya – disebabkan minimnya pengetahuan tentang kesehatan.

Ini diperparah dengan sistim pelayanan kesehatan dari dinas kesehatan setempat yang terbilang buruk, padahal pemerintah pusat telah menggelontorkan anggaran tak sedikit untuk membiayai penanganan kesehatan masyarakat kecil di daerah-daerah terpencil seperti di Kabupaten MBD yang merupakan wilayah perbatasan.

“Apa yang diharapakan masyarakat ternyata tak ada perubahan, di Desa Elo, Kecamatan Mdona Hyera misalnya, masih terkungkung dalam penderitaan sebab pelayanan kesehatan belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Buktinya ditemukan beberapa anak dan balita menderita gizi buruk – salah satu diantaranya pada anak keluarga Semy Saleky,” ungkapnya.

Sebagaiman terpantau saat ini, terdapat balita gizi buruk hingga kini belum mendapat pelayanan kesehatan dari tenaga medis setempat.

Terkait persoalan ini, pihak keluarga penderita gizi buruk mengaku sudah beberapa kali melaporkan persoalan kondisi gizi buruk buah hatinya kepada pihak puskesmas Mahaleta, Kecamatan Mdona Hyera namun belum ada langkah positif untuk melakukan penanganan kesehatan kepada anak penderita gizi buruk tersebut.

Pihaknya berharap kiranya Pemerintah Kabupaten MBD tak menutup mata dan teligah terhadap jeritan rakyat saat ini di wilayah tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten MBD, Eko Falirat belum berhasil dikonfirmasi terkait kasus penanganan gizi buruk di wilayahnya. (GLe)
Kesehatan 4880942123552654834

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang