Gubernur Usulkan Tiga Nama Penjabat Wali Kota Ambon ke Mendagri | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Gubernur Usulkan Tiga Nama Penjabat Wali Kota Ambon ke Mendagri

BERITA MALUKU. Gubernur Maluku Said Assagaff telah mengusulkan penjabat Wali Kota Ambon kepada Mendagri terkait masa jabatan Richard Louhenapessy dan Muhammad Armyn Syarif Latuconsina periode pertama yang akan berakhir pada 4 Agustus 2016.

Sekda Maluku Hamin Bin Thaher dikonfirmasi, Minggu (3/7/2016), membenarkan pengusulan Penjabat Wali Kota Ambon telah disampaikan ke Mendagri sejak pekan lalu.

"Sedikitnya tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemprov Maluku yang dinilai layak untuk jabatan Penjabat Wali Kota Ambon telah diusulkan ke Mendagri," ujarnya.

Hanya saja, tiga pejabat yang diusulkan tidak dirinci identitasnya.

Sekda memastikan jabatan Wali Kota Ambon tidak boleh lowong setelah berakhirnya masa jabatan Richard.

"Jadi Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepegawaian (Baperjakat) Pemprov Maluku mengajukan pejabat yang dinilai berkompeten untuk formasi Penjabat Wali Kota Ambon, selanjutnya dievaluasi untuk memutuskan tiga orang diusulkan ke Mendagri," kata Sekda.

Dia mengisyaratkan pejabat di jajaran Pemprov Maluku yang berperilaku jujur, menaati peraturan dan berdedikasi tinggi berpeluang menjadi Penjabat Wali Kota Ambon.

Hamin mengemukakan Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Jacobus Puttileihalat dan Wakil Bupati M Husni, masa jabatannya juga akan berakhir pada 13 September 2016.

Pengusulan Penjabat Bupati SBB dijadwalkan pada Agustus 2016.

Sedangkan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Buru berakhir pada 2 Februari 2017 atau 13 hari menjelang Pilkada serentak kelompok kedua.

Di Maluku tercatat Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal dan Wakil Bupati Marlattu Leleurry masa jabatannya berakhir pada 8 September 2017 serta Bupati Maluku Tenggara Barat Bitzael Temmar dan Wakil Bupati Paulus Werembinan (16 April 2017).

Pilkada serentak kelompok pertama di Maluku pada 9 Desember 2015 meliputi kabupaten Kepulauan Aru, kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), kabupaten Buru Selatan dan kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Sedangkan, Pilkada serentak kelompok ketiga dijadwalkan Juni 2018 yakni Bupati Maluku Tenggara dan Wali Kota Tual yang masa jabatan masing - masing berakhir pada 31 Oktober 2018 serta Pilkada Maluku dengan Gubernur Said Assagaff dan Wagub Zeth Sahuburua berakhir pada 10 Maret 2019.
Pilkada Maluku 8992211942703456707
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks