Angkasa Pura I Gelar FGD, Wagub Minta Tingkatkan Potensi Pariwisata Maluku | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Angkasa Pura I Gelar FGD, Wagub Minta Tingkatkan Potensi Pariwisata Maluku

BERITA MALUKU. Untuk mendukung pengembangan pariwisata di provinsi Maluku PT Angkasa Pura I (Persero)  menggelar kegiatan Fokus Group Discasion (FGD) collaborative destination at Moluccas, berlangsung di Natsepa Hotel, Rabu (20/7/2016).

Acara diikuti sekitar 120 peserta yang dari instansi pemerintah, akademisi, maskapai penerbangan, agen biro perjalanan, hotel, restorant, serta pelaku usaha parawisata lainnya.

Turut hadir, Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, Bupati Maluku Tenggara, Andreas Rentanubun, Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu Leleury dan Wakil Bupati Kepulauan Aru.

Wakil Gubernur dalam sambutannya mengatakan, PT Angkasa Pura I sebagai pengelola bandar udara turut berperan aktif dalam mendorong, meningkatkan dan membangun potensi pariwisata guna mendukung pembangunan dan pertumbuhan perekonomian Provinsi Maluku pada umumnya, serta secara langsung dapat mendorong penerbangan domestik dan international di kota Ambon, Maluku.

“Kegiatan ini merupakan momentum yang sangat tepat karena pemerintah daerah dalam menempatkan pembangunan kepariwisataan sebagai salah satu sektor unggulan disamping sektor perikanan kelautan dan pertanian,” ujarnya. 

Dikatakan, pariwisata telah terbukti memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dan menyumbangkan devisa bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Disamping itu perkembangan touris memberikan multiplayer efek bagi kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

Dijelaskan, Maluku memiliki berbagai potensi wisata alam dan sejarah, seperti keindahan biota laut dan terumbu karang yang masih utuh dan rapih, serta taman laut yang indah bagai surga di timur Indonesia dengan dikelilingi pasir putih, memberikan daya tarik wisatawan untuk berkunjungan dan menikmatinya.

Karena itu, dirinya berharap kepada semua stacholder industry pariwisata di daerah, khususnua bandara Pattimura yang memiliki kemampuan untuk melayani penerbangan internasional, dapat mengambil langkah-langkah startegis dengan menciptakan berbagai upaya dengan berkolaborasi bersama stakeholder yang ada baik itu pelaku bisnis pariwisata, air line, untuk menyiapkan Maluku menjadi destinasi pariwisata di Indonesia.

“Kepala pelaku usaha pariwisata baik pemerintah, swasta maupun masyarakat agar dapat mengembangkan potensi kawasan perdesaan dan pulau-pulau kecil terutama kawasan daerah perbatasan untuk dapat dikembangkan menjadi destinasi potensial bagi wisatawan, sekaligus memanfaatkan ekosistim laut melalui pengembangan taman laut dan wisata,” tutupnya.

Sementara itu, general manager PT Angkas Pura I Bandara International Pattimura, Marfin Butarbutar dalam sambutannya mengungkapkan, pariwisata memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan suatu daerah. Pariwisata juga memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, Maluku memiliki potensi alam yang sangat besar, seperti pantai Desa Liang yang pernah dinobatkan PBB sebagai salah satu pantai terindah di dunia. Selain itu juga ada pantai Natsepa, Ora Beach, pulau Bair, pulau Seram dan masih banyak lagi. Semuanya menyimpan kekayaan alam yang luar biasa.

“Potensi inilah yang digarap secara maksimal oleh angkasa pura I beserta pelaku pariwisata Maluku, dengan harapan, wisatawan dari dalam negeri dan luar negeri akan datang lebih banyak lagi ke Maluku,” pungkasnya.
Pariwisata 8455664206036862088

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang