Pemkot Ambon Rencana Perluas Jaringan Internet | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemkot Ambon Rencana Perluas Jaringan Internet

BERITA MALUKU. Pemerintah Kota Ambon berencana memperluas jaringan internet di sejumlah kawasan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi dan data.

"Perluasan jaringan internet itu difokuskan pada lokasi fasilitas umum yang telah ditentukan, sehingga masyarakat bisa mengakses informasi yang diperlukan secara mudah," kata Kepala Kantor Pengolahan Data Elektronik (KPDE) setempat Yanes Latumahina, di Ambon, Kamis (16/6/2016).

Menurut dia, program ke depan pihaknya telah merencanakan pengembangan jaringan internet sampai ke pusat-pusat kecamatan, seperti Kecamatan Sirimau, Nusaniwe, Baguala, Teluk Ambon, dan Kecamatan Leitimur Selatan.

Saat ini pihaknya masih sangat terbatas mengembangkan jaringan internet itu, karena titik spotnya hanya bisa diakses seperti di kantor wali kota, Pattimura Park, dan seputaran kantor-kantor SKPD di lingkungan Pemkot Ambon.

"Upaya ini dilakukan karena ke depan ini teknologi informasi sangat penting dan anak-anak yang membutuhkan informasi tidak susah lagi, karena lewat spot tertentu mereka dapat mengakses internet," katanya pula.

Yanes menyatakan, jika jaringan internet terbuka luas, maka anak-anak di Kota Ambon bisa menambah pengetahuan dengan membaca apa yang dicari di internet, sehingga mendukung peningkatan kualitas SDM.

"Apa pun yang dikerjakan dan intinya itu bermuara pada upaya menyejahterakan masyarakat, dan selaku pemerintah daerah tidak menolaknya," katanya lagi.

Ia mengakui, upaya perluasan jaringan internet terus dilakukan, tetapi pihaknya terkendala dengan ulah masyarakat yang memanfaatkan layanan yang disiapkan tidak dengan baik.

"Kami mengalami kesulitan memblokir situs pornografi yang diakses masyarakat, tetapi untuk kawasan perkantoran sistem kontrol jelas karena terhubung dengan sistem radiolink," ujarnya.

Yanes menambahkan, seluruh upaya ini untuk mewujudkan Ambon "Smart City" atau Kota Pintar pada 2016.

"Upaya mewujudkan Ambon menjadi Smart City pada 2016 agar memudahkan penggunaan dan penyiapan teknologi yang diperlukan, sehingga masyarakat dapat mengakses informasi terkait kota ini dengan mudah," katanya pula.
Ambon 6663243091112813322

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang