RSUD Tulehu Masih Kekurangan Tenaga Dokter Ahli | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

RSUD Tulehu Masih Kekurangan Tenaga Dokter Ahli

BERITA MALUKU. Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon, Yohanis Parannuan mengakui, sampai saat ini pihaknya masih mengalami kekurangan dokter ahli.

“Karena kekurangan dokter ahli, kita lebih banyak memakai dokter paruh waktu, diantaranya dokter dari RSUD M. Haulussy dan dokter yang mengajar di Universitas Pattimura,” kata Yohanis, Rabu (24/5/2016). 

Yohanis mengatakan, dokter spesialis yang sudah organik hanya baru tiga orang, sedangkan dokter paruh waktu sekitar 15 orang.

Hal ini tentu tidak sejalan dimana RSUD Tulehu yang sudah masuk dalam tipe C, dimana dokter ahli tetap sudah harusnya mencapai tujuh orang.

“Sebenarnya dokter anastesis juga sudah ada, namun belum PNS dan tetap, begitu juga radiologi sudah ada, sedangkan patologi klinik masih dalam residen yang bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada,” ucapnya. 

Dirinya menargetkan, tahun depan tenaga dokter sudah memenuhi sebagai tipe C.

"Jadi, dengan adanya dokter paruh waktu, RS bisa juga dinaikan ke tipe B," katanya.

Soal tenaga perawat, Yohanis mengatakan, sudah mencukupi yaitu sudah ada sebanyak 165 tenaga perawat. Dari ratusan tenaga perawat tersebut, tujuah diantaranya baru ners.

"Untuk itu, dalam tahun ini yang mengambil ners mencapai 20 orang dan awal tahun sudah selesai. Sedangkan untuk tenaga perawat yang mengambil Sarjana Keperawatan tahun ini mencapai 30 orang," katanya. 
Kesehatan 1701231427441993239

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang