Maluku Urutan Tiga Terbaik Kerukunan Umat Beragama di Indonesia | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Maluku Urutan Tiga Terbaik Kerukunan Umat Beragama di Indonesia

BERITA MALUKU. Suatu kebanggan bagi masyarakat Maluku, mengingat Kementrian Agama RI telah menetapkan Maluku di urutan ketiga terbaik kerukunan umat beragama di Indonesia, setelah Nusa Tenggara Timur (NTT) di urutan pertama dan Bali di urutan kedua.

“Kita bersyukur Maluku masuk peringkat ketiga, padahal kita baru sembuh dari konflik 16 tahun silam, dengan selang waktu yang tidak begitu lama kita bisa menduduki peringkat ketiga. Hal ini sangat hebat,” kata Kepala Kantor Wilayaha Kementrian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musaad, Selasa (24/5/2016).

Menurut Musaad, dengan keberhasilan ini membuktikan bahwa pemuluk agama, dalam hal ini tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan lain sebagainya, serta seluruh masyarakat Maluku sudah menyadari sungguh bahwa kerukunan umat beragama tidak hanya terlihat penting, tetapi sangat indah.

“Tanpa kerukunan umat beragama, semua program apapun yang kita lakukan akan menemui jalan buntu,” ucapnya.

Sebab itu, orang nomor satu di Kakanwil Agama ini berterima kasih kepada seluruh elemen masyaralat Maluku yang sudah menjaga kerukunan umat beragama. Hal ini merupakan bukti keberhasilan masyarakat Maluku.

Menurutnya, penetapan Maluku di urutan ketiga sebagai daerah yang memiliki kerukunan terbaik di Indonesia sejalan dengan keinginan Gubernur untuk menjadikan Maluku sebagai laboratorium kerukunan umat beragama.

“Kita mensyukuri hal tersebut dengan terus memantapkan lagi hubungan keharmonisan antar umat beragama,” pungkasnya.

Untuk indikator penetapan, menurut Musaad, ditentukan oleh beberapa kriteria yaitu suksesnya ivent keagamaan yang berskala nasional, diantaranya MTQ nasional ke-24, Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pepsrawai) Mahsiswa dam Pesparawi nasional ke- XI.

Dan jika PPMN ke-2 di Ambon berjalan sukses maka akan semakin membuktikan kepada masyarakat Indonesia bahkan dunia, bahwa kehidupan umat beragama di Maluku sudah semakin solid.
Kebudayaan 1994329384317225006

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang