Pendaftaran Beasiswa S1, S2, S3 Belum Capai Kuota | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pendaftaran Beasiswa S1, S2, S3 Belum Capai Kuota

BERITA MALUKU. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Karo Kesra) Habibah Saimima, Senin (9/5/2016) mengatakan, sampai saat ini pendaftaraan penerimaan beasiswa S1, S2 dan S3 di bidang geologi, perminyakan, parawisata, transportasi, kelautan perikanan dan kedokteran yang dibuka Pemerintah Provinsi Maluku sejak, 23 Maret lalu belum mencapai kuota yang ditentukan, yakni sebanyak 65 orang.

Saimima mengakui, sampai saat ini sudah ada banyak yang mendaftar, namun kebanyakan dari mereka tidak sesuai dengan bidang yang diinginkan, seperti keguruan, sosial politik dan lain sebagainya.

Dijelaskan, untuk penerimaan beasiswa S1, siswa-siswi lebih bagus langsung mendaftarkan diri pada kedua unversitas yang ditentukan, yaitu Universitas Pattimura dan Pandjajaran, Bandung, sehingga bisa langsung didata sesuai pendaftaran yang masuk.

“Jangan sampai kita sudah berikan beasiswa, namun saat mengikuti tes dinyatakan tidak lulus, hal tersebut sangat fatal,” ucapnya.

Mengingat kuota yang belum mencapai 65 orang, dirinya mengajak seluruh putra-putri Maluku untuk mendaftar sesuai bidang yang diiginkan, sehingga kouta 65 kouta yang ditentukan bisa terpenuhi.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas, Biro Umum Provinsi Maluku, Bobby Palapia, menjelaskan bahwa kriteria yang ditentukan, siswa SMA yang ingin melanjutkan studi S1, harus berprestasi. Sedangkan untuk melanjutkan S2 dan S3, IPK harus diatas 3. Dengan kouta masing-masing S1 sebanyak 20 orang, S2 sebanyak 25 orang dan S3 sebanyak 20 orang.

“Pemprov Maluku juga akan memprioritaskan putra-putri Maluku yang dikategorikan kurang mampu dan yang paling penting berprestasi,” ucapnya.

Menurut Palapia, bahwa usai mengikuti studi, maka seluruhnya tidak diperkanakan untuk ke daerah lain, tetapi mengabdi untuk Maluku.

“Dipastikan, dalam penerimaan beasiswa ini tidak ada pilih kasih atau orang dalam, siapa yang mempunyai kompotent dia yang terpilih,” tuturnya.
Pendidikan 2462567376443335316

Poskan Komentar

  1. Pemerintah maluku harus sadar, bahwa kapasitas dan persyaratan yg di tetapkan itu utk S1-S3 ini terlalu melampaui batas kemampuan putra putri maluku yg kapasitasnya di bawah rata2.Oleh seban itu, klo persyaratan ini di lakukan, hanya hitung jari aja org yg bakal memenuhi persyaratan. Terus sekian ribu anak2 maluku yg tidak memenuhi persyaratan mau di buang ke mana? Ke laut? Kapasitas dan kemampuan anak2 maluku belum sebanding dgn anak2 di daerah jawa dan sumatra. Jd jangan sampai hanya persyaratan yg rumit sampai anak2 maluku gk dapat jatah untuk bisa mengikuti pendidikan yg baik, apalagi haknya diambil sama orang lain hanya gara2 persyaratan yg terlalu tinggi tuntutannya.

    BalasHapus
  2. Salam Hormat ibu Karo Kesra, apakah yang sudah kuliah duluan (tahun masuk 2015) - fakultas Geologi tapi tidak di kedua universitas rujukan bisa juga mendaftar untuk mendapatkan beasiswa ini?



    BalasHapus
  3. Bagaimana dengan Mahasiswa Jurusan Fisaka yang mau melanjutkan studi S2 dibidang geologi,? Apakah masih bisa dipertimbangkan mengingat basicnya ilmu geology saya pikir ada pada jurusan FISIKA itu sendiri.
    Mohon pencerahannya.

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang