Dikbud Maluku Butuh Waktu Seminggu Tetapkan Presentasi Kelulusan SMA/SMK-Sederajat | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Dikbud Maluku Butuh Waktu Seminggu Tetapkan Presentasi Kelulusan SMA/SMK-Sederajat

BERITA MALUKU. Walaupun Hasil Ujian Nasional (UN) SMA/SMK-sederajat sudah distribusi ke 11 Kabupaten/kota sejak Jumat (6/5/2016), bahkan hasilnya sudah diumumkan, pada Sabtu (7/5/2016) kemarin, namun presentasi kelulusan belum bisa ditentukan secara langsung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, M. Saleh. Thio, pihaknya belum bisa menentukan secara langsung presentasi kelulusan, menginggat kelulusan ditentukan secara langsung oleh sekolah.

“Hasilnya kita kirim ke 11 Kabupaten/Kota untuk diteruskan ke masing-masing sekolah guna menentukan kelulusan. Hasil tersebut kemudian di kirim ke kita untuk dilakukan pendataan berapa besar presentasi kelulusan,” kata Thio kepada berita Maluku Oline melalui telephone seluler, Minggu (8/5/2016).

Dijelaskan, untuk menentukan presentasi kelulusan pihaknya membutuhkan waktu paling lambat satu minggu sesudah hasil UN diumumkan. Mengingat masing-masing kabupaten/kota belum menyerahkan data kelulusan, sehingga pihaknya belum bisa memastikan presentasi kelulusan.

“Nanti kita kumpulkan data berdasarkan laporan dari dinas di kabupaten/kota, barulah bisa tentukan presentasi atau tingkat kelulusannya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Meky Lohy mengungkapkan, tingkat kelulusan SMA/SMK-sederajat di tahun 2016 ini mengalami kenaikan dari tahun 2015.

“Hasil di tahun ini mengalami peningkatakan dari tahun 2015, walaupun tidak bergerak secara signifikan,” ujar Lohy. 

Dirinya mencontohkan, kelulusan di tahun 2015 yang hanya mendapatkan nilai 100 hanya satu orang di mata pelajaran matematika dan siswanya dari SMK. Sedangkan di tahun ini sudah meningkat menjadi dua orang, bahkan 20-50 siswa SMA juga mendapatkan nilai yang sama, yaitu di mata pelajaran kimia. 

“Hasil yang diraih anak-anak kita merupakan kebanggaan yang sangat luar biasa, dan salut dengan usaha anak-anak kita,” tuturnya. 

Ditanya presentasi kelulusan, pihaknya belum bisa menentukan, mengingat kelulusan ditentukan oleh sekolah. Sehingga sampai saat ini pihaknya masih menggu hasil kelulusan dari sekolah melalui pemerintah kabupaten/kota setempat, setelah itu pihaknya bisa menghitung secara keseluruhan presentasi kelulusan.
Pendidikan 8378183414463776644

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang