Sekda Maluku Pantau Pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 1 Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Sekda Maluku Pantau Pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 1 Ambon

BERITA MALUKU. Seketaris Daerah (Sekda) Maluku, Hamin Bin Tahir memantau secara langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 1 Ambon, didampingi Seketaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Maluku Hadi Sulaiman dan Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Dikbud Maluku yang juga merupakan ketua panitia UN, Meky Lohy, Senin (4/4/2016).

Usai memantau pelaksanakan UNBK, Tahir kepada wartawan mengatakan pelaksanaan UNBK merupakan salah satu langkah dalam mewujudkan Ujian Nasional (UN) yang berkualitas.

“Kalau menggunakan computer siswa tidak mungkin mencontek dari teman lainnya, mengingat soal di setiap computer berbeda. Dan yang paling penting tidak mungkin terjadi kebocoran soal,” ujar Tahir.

Dirinya menilai, 281 siswa SMA 1 Ambon yang mengikuti UNBK sudah sangat siap, ditambah dengan try out UN yang sudah berlangsung beberapa waktu lalu yang hasilnya sangat memuaskan, sehingga dirinya optimis seluruh siswa di SMA 1, dan secara keseluruhan Maluku akan lulus 100 persen dengan hasil yang memuaskan.

Menurutnya, manfaat yang didapatkan dari hasil pelaksanaan UNBK, diantaranya lebih kecil kemungkinan terjadi keterlambatan soal, tertukarnya soal dan ketidakjelasan hasil cetak soal, tidak ada kerumitan pengumpulan Lembaran Jawaban Ujian Nasional (LJUN), gambar menjadi lebih jelas, lebih mengakomodasi siswa dengan ketunaan.

Hasil UN bisa diumumkan secara lebih cepat sehingga siswa memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan memudahkan dalam pengamanan dan penyediaan logistik

Dijelaskan, Gubernur dalam arahannya mengatakan, UNBK bukan merupakan salah satu penentu kelulusan, namun melalui pelaksanaan UNBK ini siswa-siswi dapat memahami proses ujian menggunakan komputer.

“Gubernur berharap pelaksaan UN di Maluku baik secara manual maupun UNBK dapat berjalan dengan baik," ucapnya.

Pendidikan 146113023738871069

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang