Hujan Tidak Menghambat Presiden Jokowi Resmikan JMP di Ambon | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Hujan Tidak Menghambat Presiden Jokowi Resmikan JMP di Ambon

BERITA MALUKU. Setelah beberapa kali tertunda, akhirnya Jembatan Merah Putih (JMP) diresmikan secara langsung oleh Presiden Ri Joko Widodo, didampingi Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadi Mulyono, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Michael Wattimena dan Gubernur Maluku, Said Assagaff, yang berlangsung di bentang tengah JMP, Senin (4/4/2016).

Peresmian jembatan penghubung antara Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon–Desa Galala, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon berlangsung lancar meski disertai hujan dan angin kecang.

Presiden dalam sambutannya mengatakan, diresmikannya jembatan penghubung Teluk Ambon ini akan menjadi ikon parawisata baru di kota Ambon. Dimana keindahan kota Ambon akan semakin manise lagi dengan adanya JMP.

“Bukan hanya masyarakat kota Ambon, Maluku yang menikmati jembatan ini, melainkan masyarakat luar juga akan menikmati jembatan yang dibanggakan oleh masyarakat Maluku, dan secara luas Indonesia,” ujarnya. 

Dijelaskan, dengan pembangunan yang semakin maju, akan semakin menarik investor datang ke Ambon, Maluku, untuk menanamkan sahamnya.

“Yang pastinya jembatan ini akan menjadi kembanggaan bagi masyarakat kota Ambon, Maluku dan secara luas Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Said Assagaff dalam sambutannya, mengatakan kedatangan Presiden di kota Ambon untuk meresmikan JMP, merupakan bukti nyata bahwa Presiden sangat memperhatikan kawasan timur termasuk Maluku. Dimana kunjungan ini menjadi motivasi bagi masyarakat Maluku untuk mengelorakan semangat membangun Maluku dan secara luas Indonesia.

“Karena itu saya sangat yakin Presiden akan terus mendatangi kami di Maluku, termasuk menghadiri hari Pers Nasional di kota Ambon Manise di tahun 2017 mendatang,”ujarnya. 

Kata Assagaff, JMP telah menjadi solusi dalam banyak aspek dalam pengembangan dan kemjauan Ambon Maluku, diantaranya solusi penataan dalam fungsi teluk ambon dalam desain tata ruang Ambon akan dikembangkan untuk pengembangan wilayah dan pembangunan sektor vital.

Jelasnya, JMP yang dibangun sejak 17 Juli 2011 oleh Kementrian PUPR dalam hal ini, Direktorat Jenderal Bina Marga menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Rp. 700 miliar. Dimna JMP memiliki panjang 1,7 kilometer dari pantai poka, lebar 22,50 meter, terbagi dalam tiga bagian, jembatan pendekat di sisi Desa Poka sepanjang 520 meter dan jembatan pendekat dari sisi Desa Galala sepanjang 320 meter dengan anggaran. Rp. 273.447.900.000, serta dan jembatan utama sepanjang 300 meter dengan anggaran Rp. 458.130.260.000, yang merupakan  tipe jembatan khusus, mulai dari system beruji kabel dengan jarak antar pilon sepanjang 150 meter, ruang bebas 34,109 meter dan maksimu grade 6,5 persen dengan data-data seperti itu, JMP menjadi jembatan terpanjang di Indonesia Timur.

Menurutnya, ada sejumlah manfaat JMP, yaitu jembatan dapat meningkatkan interaksi sosial masyarakat kota Ambon khsusunya dan Maluku pada umumnya.

Dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi lalu lintas, jarak tempuh antara kota Ambon - Bandara Pattimura dan sebaliknya yang memakan waktu hingga 60 menit dapat menjadi 30 menit setelah adanya jembatan. Mengatasi kemacetan lalu lintas yang terjadi di sekitar poka selama ini terutama pada waktu-waktu tertentu, diharapkan pula teratasi. Dan dapat memacu pertumbuhan ekonomi terutama kelancaran lalu lintas perdagangan di bidang kelautan dan perikanan, serta dapat menjadi ikon baru di kota Ambon, Maluku.

“Saya menghimbau kepada seluruh warga kota Ambon dan secara luas Maluku dapat menjaga aset baru ini dengan baik. Mari kita gunakan jembatan ini dengan baik dan saya berharap jembatan dapat benar-benar bermanfaat bagi kemajuan dan kemakmuran kita di Maluku,” harapnya.  

Setelah meresmikan JMP, Presiden beserta rombongan langsung menuju Bandara International Pattimura menuju Papua.
JMP 6241333095227182241

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang