Kemana Dana Bos SD Inpres Watidal MTB? | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kemana Dana Bos SD Inpres Watidal MTB?

BERITA MALUKU. Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) senilai puluhan juta rupiah yang diperuntukan bagi kepentingan pendidikan SD Inpres Watidal – Larat, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) diduga ditilep oleh Kepala Sekolah (Kepsek) berinisial JLW.

Bagai mana tidak, aroma dugaan penyimpangan yang dilakukan JWL sangat kentara ketika sepak terjangnya untuk menggerogoti dana operasional sekolah ini menjadi buah bibir sejumlah bawahannya yang bertugas di sekolah tersebut.

Beberapa sumber di sekolah tersebut mengungkapkan, untuk dana Bos SD Inpres Watidal triwulan I, II dan triwulan III tahun 2015 sampai saat ini tak terlihat wujudnya. Diduga seluruh dana Bos tersebut sudah disikat habis oleh pimpinan sekolah tersebut untuk kepentingan pribadi dan mengabaikan kepentingan perkembangan sekolah yang dipimpinnya.

Bukan itu saja, sumber juga mengungkapkan selain dana Bos tahun 2015 yang ditilep, dana bantuan untuk 12 siswa miskin (BSM) untuk tahun 2015 yang nilainya puluhan juta diduga juga ikut disikat oleh Kepsek JWL.

Akibat tindakan Kepsek JWL membuat para guru bawahan beserta sejumlah orang tua siswa menjadi kesal, hanya saja mereka takut menyampaikan persoalan dimaksud ketika berhadapan dengan sang kepsek secara terbuka, baik dalam pertemuan biasa maupun rapat di tingkat sekolah.

Sebab beberapa kali ada guru bawahan hendak menanyakan persoalan dana Bos ataupun dana bantuan Siswa miskin, namun kepsek selalu marah-marah dan mengancam akan melaporkan tindakan bawahannya kepada Bupati MTB, Bito Temmar dan Kepala Dinas Pendidikan MTB, Holmes Matruty.

“Untuk itu, kami minta pihak berwajib segera mengungkapkan praktik korupsi dana bantuan untuk sekolah ini, sebab yang menjadi korban adalah siswa-siswi yang menjadi generasi penerus bangsa,” ujar sumber tersebut.

Sementara itu, Kepsek JWL yang dihubungi Berita Maluku online, melalui telepon selularnya, Jumat (26/2/2016) mengatakan, “Saya masih berada di Saumlaki (Ibukota Kabupaten MTB, red). Jadi nanti saya pulang baru bagikan (uang) itu kepada mereka (siswa) dan lainnya,” kata kepsek tersebut. (HT-e)
Pendidikan 560521367438871356

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang