Timor Leste Akan Kirim Mahasiswa Kuliah di Unpatti | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Timor Leste Akan Kirim Mahasiswa Kuliah di Unpatti

BERITA MALUKU. Republik Demokratik Timor Leste akan mengirimkan calon mahasiswa pascasarjana untuk berkuliah di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon pada Juni - Juli 2016.

"Mereka akan mengirimkan paling sedikit 10 orang mahasiswa pasca sarjana untuk belajar di sini pada Juni - Juli 2016," kata Pembantu Rektor IV Bidang Kerjasama dan Informasi Teknologi Unpatti, Bob Mosse di Ambon, Selasa (19/1/2016).

Ia mengatakan pengiriman mahasiswa untuk menjalani program kuliah magister di Unpatti merupakan tindak lanjut dari kunjungan Abel da Costa Ximenes yang merupakan Wakil Menteri Pendidikan II Republik Demokratik Timor Leste ke Ambon pada 14 November 2015.

Mereka akan memilih sendiri satu dari 12 program Strata Dua (S2) yang tersedia, di antaranya Manajemen Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Ilmu Kelautan, Manajemen Pendidikan, Pendidikan Biologi, Bahasa Inggris, Ekonomi, Ilmu Hukum, Kehutanan, dan Ilmu Tanah.

"Kami sudah berkunjung ke Timor Leste untuk membicarakan itu dengan beberapa menteri, wakil menteri dan direktur jenderal pendidikan, serta para akademisi pada 15 - 19 Desember 2015," katanya.

Sebelum menjalani proses perkuliahan, para calon mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari pemerintahnya tersebut, akan dipersiapkan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Dili, berupa kursus bahasa Indonesia selama kurang lebih tiga bulan lamanya.

Begitu tiba di Ambon nanti, mereka juga masih akan diikutsertakan dalam program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Laboratorium Bahasa Unpatti dalam rangka mematangkan kemampuan berbahasa Indonesia.

"Ada empat bahasa yang digunakan di sana yakni Tetun dan Portugis yang merupakan bahasa kerja serta bahasa Inggris dan Indonesia sebagai bahasa komunikasi biasa. Generasi tua masih lancar berbahasa Indonesia, tetapi untuk tingkat mahasiswa sudah sulit mengucapkannya," kata Bob.

Lebih lanjut ia mengatakan, semasa masih menjadi provinsi ke-27 Indonesia, tercatat sedikitnya ada 16 orang pemuda Timor Leste yang menyelesaikan program Strata Satu (S1) di Fakultas Perikanan, Pertanian, Hukum, Teknik, Eknonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unpatti.

Saat ini para alumnus telah membentuk Ikatan Alumni Unpatti Timor Leste, dan mendorong lebih banyak generasi mudanya untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Unpatti.

"Para alumnus kami di sana rata-rata menduduki jabatan-jabatan penting dalam pemerintahan, salah satu lulusan Fakultas Hukum Unpatti telah menjadi wakil jaksa agung," katanya.
Pendidikan 611356824372815282

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang