Rentanubun: Harga Mati, Elat Calon Ibukota Kabupaten Kei Besar | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Rentanubun: Harga Mati, Elat Calon Ibukota Kabupaten Kei Besar

BERITA MALUKU. Walaupun dorongan pemekaran calon Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Kepulauan Kei Besar yang terlepas dari kabupaten induk Maluku Tenggara (Malra) belum mencapai puncaknya bersamaan dengan dua calon daerah pemekaran lain di Provinsi Maluku, namun sejumlah pihak sudah melakukan berbagai hal untuk menyiapkan keberadaan calon daerah otonomi baru tersebut.

Bahkan, telah ada kesepakatan berbagai komponen di Kabupaten Maluku Tenggara untuk menetapkan Elat sebagai calon ibukota Kabupaten Kepulauan Kei Besar karena dinilai layak.

Bupati Maluku Tenggara, Andreas Rentanubun bahkan mengakui hal itu.

Kepada Berita Maluku online, Selasa (19/1/2016) di Ambon, Rentanubun mengatakan, sudah jadi harga mati bahwa Elat yang dulu merupakan pusat Kecamatan Kei Besar akan menjadi ibukota Kabupaten Kepulauan Kei Besar bila calon kabupaten ini sudah resmi menjadi daerah otonomi baru. Mengingat Elat merupakan salah satu kota kecamatan tertua di Maluku Tenggara dan didukung dengan sejumlah kecamatan definitif lainnya.

“Sudah disepakati bahwa Elat akan jadi ibukota Kabupaten Kepulauan Kei Besar,” kata orang nomor satu Kabupaten Maluku Tenggara ini.

Sebelumnya, sudah ada rapat paripurna DPRD Maluku Tenggara membahas hal ini bahkan disusul dengan rapat paripurna terbuka di Elat, yang dihadiri para raja se-Kepulauan Kei bersama seluruh tokoh masyarakat.

Kemudian dilanjutkan dengan deklarasi pemekaran wilayah, karena dinilai wilayah Kepulauan Kei cukup luas sehingga butuh memperpendek rentang kendali pemerintahan demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut. (bm10/d)
Daerah 3172345298536670572

Poskan Komentar

  1. Sudah saatnya kei besar jadi kabuten dengan ibu kotanya Elat. Dengan adanya pemekaran ini diharapkan percepatan pembangunan di berbagai bidang demi kesejatraan masyakat kei Besar.

    BalasHapus

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang