Ternate Waspadai Virus Mers | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ternate Waspadai Virus Mers

BERITA MALUKU. Kantor Kesehatan Pelabuhan Ternate, Maluku Utara, mewaspadai kemungkinan masuknya virus mers di daerah ini saat kunjungan ribuan wisatawan menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT).

"Kami siap mengintensifkan pengawasan guna mengantisipasi peredaran virus mers karena pada 2016 akan dilakukan penanganan, baik faktor resiko lingkungan pelabuhan maupun bandara dan pelayanan kesehatan masyarakat," kata Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Survelance Pelabuhan Ternate, Lutfi Sidasi, di Ternate, Rabu (20/1/2016).

Pengawasan ini mewaspadai penyakit mers yang menular lewat udara atau saluran pernapasan.

Gejala yang mengidap penyakit ini ciri-cirinya suhu di atas 38 derajat celcius dan merasa agak demam. Namun, virus ini banyak terjangkit di negara Timur Tengah, makanya mewaspadai warga yang mengikuti Umroh pada 2016.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Dinkes Maluku Utara maupun kabupaten/kota. Jadi, pemantauan dan pemeriksaan di pelabuhan maupun bandara itu berjalan selama 20 hari ke depan," ujar Lutfi.

Dia menjelaskan, untuk karantina biasanya diawali dengan pengawasan kapal, kru maupun penumpang yang masuk di pelabuhan.

Sekiranya ditemukan kasus, maka dikonfirmasi di Dinkes Maluku Utara, selanjutnya pemberian vaksin kepada penderita.

Menurut dia, Kantor Kesehatan Pelabuhan Ternate pada 2015 juga memiliki program dari Dirjen P2P yang menangani penyakit tidak menular dalam program pelayanan kesehatan terbatas.

Program ini dilakukan pemeriksaan faktor penyakit tidak menular di instansi terkait seperti di pelabuhan, bandara, TKB maupun di wilayah kerja untuk jantung, diabetes, kolesterol, hipertensi, batu dan ginjal.
Malut 8596803527831108227

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang