Pasangan Amin-Jaya Unggul di Pilkada Halmahera Selatan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pasangan Amin-Jaya Unggul di Pilkada Halmahera Selatan

BERITA MALUKU. Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan, Maluku Utara , Amin Ahmad - Jaya Lamusu(Amin - Jaya) mengungguli tiga pasangan calon lainnya saat pleno rekapitulasi suara hasil Pilkada pada 9 Desember 2.015.

Ketua KPU Halmahera Selatan, Syukur Saleh ketika dihubungi dari Ternate, Jumat (18/12/2015), mengatakan pasangan Amin - Jaya berhasil meraih 43.017 suara dan mengungguli Bahrain Kasuba - Iswan Hasjim(42.999 suara), Ponsen Sarfa - Sagaf Taha( 23.295 suara) dan Rusihan Djafar - Benny (10.378 suara).

Menariknya, dari hasil pleno rekapitulasi suara dari 30 kecamatan itu, ternyata pasangan Amin - Jaya hanya unggul tipis dari Bahrain - Iswan dengan selisih 18 suara.

Karena itu, setelah pleno rekapitulasi hasil Pilkada diselesaikan, maka KPU Halmahera Selatan akan menggelar pleno penetapan pasangan calon terpilih pada 21 Desember mendatang.

Pleno rekapitulasi hasil Pilkada Halmahera Selatan terjadi protes yang dilakukan saksi pasangan calon Bahrain - Iswan, menyusul ketatnya perolehan suara dengan Amin - Jaya.

Akibatnya, tiga saksi pasangan calon Bahrain - Iswan melakukan protes cukup keras, bahkan saksi dengan identitas, Ikram tidak puas dengan proses pleno melempari Komisioner KPU Halmahera Selatan menggunakan gelas, sehingga KPU meminta bersangkutan untuk diamankan ke Mapolres setempat.

Kejadian serupa juga dilakukan saksi Bahrain - Iswan lainnya yakni Iksan Barmawi dan Adnan Wahid yang melakukan protes terkait dengan adanya selisih suara di TPS Kecamatan Bacan.

Protes diajukan karena dianggap tidak berdasar dan saksi tetap ngotot tidak menerima hasil rekapitulasi itu dengan melakukan tindakan provokasi, sehingga dikeluarkan secara paksa dari ruangan pleno KPU.

Paska pleno rekapitulasi suara hasil Pilkada di Sekretariat KPU Halmahera Selatan, terlihat ribuan pendukung pasangan calon Amin - Jaya menggelar konvoi sebagai rasa syukur atas kemenangan diraih pasangan yang diusung koalisi PDIP, PKB dan Partai Nasdem.
Malut 6841471141854577796

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang