Jelang Natal, Telur di Pasar Murah Ambon Jadi Rebutan | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Jelang Natal, Telur di Pasar Murah Ambon Jadi Rebutan

BERITA MALUKU. Penjualan telur menjadi incaran dan rebutan warga Kota Ambon di pasar murah yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menjelang hari Natal dan Tahun Baru di dua lokasi yakni Negeri Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, 7-9 Desember dan di Negeri Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, mulai 10 hingga 12 Desember 2015.

Di pasar murah ini, telur dijual Rp1.000 per butir, lebih murah dibandingkan harga di pasar biasa yang berkisar Rp1.500 hingga Rp2.000 per butir.

Pantauan lapangan di Ambon, Kamis, kaum ibu dan anak-anak berebutan berbelanja bahan kebutuhan pokok di pasar murah dan stok telur menjadi incaran sehingga petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon menggunakan kupon antrian bagi warga.

Selain telur kebutuhan pokok lainnya seperti gula, terigu dan minyak goreng juga menjadi incaran karena dijual dengan harga murah. Gula pasir dijual Rp10.000 per kg, di tingkat distributor dijual Rp14.000.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy saat meninjau pasar murah mengatakan kegiatan itu dilaksanakan untuk meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan kebutuhan pokok.

"Menjelang hari raya biasa terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok yang cukup tinggi, sehingga Pemkot Ambon mengambil langkah ini sebagai salah satu upaya menstabilkan harga di pasar," katanya.

Ia menyatakan, pelaksanaan pasar murah ditujukan bagi masyarakat Kota Ambon yang kurang mampu untuk memperoleh kebutuhan pokok dengan harga terjangkau dan dalam jumlah memadai.

"Masyarakat dapat memanfaatkan kesampatan ini untuk membeli kebutuhan pokok. Kami menjamin stok tersedia di pasar murah cukup untuk warga Kota Ambon dan sekitarnya," katanya.

Kepala Bidang Perdagangan, Lina Silooy mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan tujuh distributor, dua swalayan Hypermart Ambon City Center (ACC) dan Maluku City Center (MCM) dan Food Mart serta Perum Bulog Maluku untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Seluruh distributor telah menyatakan kesediaannya berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan menjual aneka kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, telur, terigu, minyak goreng dan kebutuhan lainnya dengan harga yang terjangkau," katanya.

Lina mengakui, kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah di bawah harga distributor karena Pemkot Ambon menyiapkan subsidi Rp143 juta setiap tahun.

"Subsidi disiapkan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok menjelang hari raya sebesar Rp143 juta, kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berbelanja," ujarnya.
Natal 3046423328027102376
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks