Ratusan Warga Ternate Kembali Gelar Sholat Minta Hujan | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ratusan Warga Ternate Kembali Gelar Sholat Minta Hujan

BERITA MALUKU. Ratusan umat Islam di Ternate, Maluku Utara (Malut), kembali menggelar shalat istisqa (minta hujan), karena selama lima bulan ini belum pernah mendapatkan hujan, sehingga banyak tanaman warga yang terbakar akibat kemarau panjang.

"Shalat yang digelar ini merupakan kerja sama Kanwil Agama Malut dengan BKM Al-Munawar Ternate bertempat di halaman masjid Al-Munawar. Ini juga sebagai bentuk untuk memeriahkan hari santri nasional, yang dihadiri sejumlah majelis taklim dan masyarakat Kota Ternate," kata Imam masjid raya Al-Munawwar, Muksin Saleh di Ternate, Senin (26/10/2015).

Dia mengatakan, shalat ini dilakukan untuk berdoa agar bisa menghindari kebakaran yang terus melanda wilayah Malut, sehingga banyaknya masyarakat yang mengalami kerugian akibat harta mereka yang hangus terbakar.

"Akibat kemarau yang berkepanjangan ini menimbulkan kekeringan dan kebakaran, sehingga banyak warga yang mengalami kerugian, karena tanaman mereka seperti cengkih dan pala banyak yang terbakar," ujarnya.

Shalat yang dimulai pada pukul 08.00 Wit di halaman masjid Al-Munawar Ternate, ratusan umat muslim berkumpul dan melaksanakan shalat memohon kepada Allah agar diturunkan hujan pasca kekeringan dan kebakaran yang terjadi hingga kini belum berakhir.

Setelah shalat dilanjutkan khotbah yang disampaikan oleh Rektor IAIN Ternate DR Abudurahman Marasabesy mengharapkan agar masyarakat dapat bersabar dan bertawakal dengan terus mendekatkan diri kepada Allah agar kekeringan ini bisa segera berakhir.

"Kekeringan ini merupakan teguran buat manusia.Jadi kita harus terus memohon kepada Allah agar hujan dapat turun," katanya.

Sebelumnya, ratusan siswa SMP sederajat di Kota Ternate, Minggu (25/10) kemarin melaksanakan shalat istisqa.

Shalat yang berlangsung di halaman Masjid Al Munawwar Ternate itu diikuti ratusan jamaah laki-laki dan perempuan.Ada pula tokoh agama, masyarakat, serta para guru.

Sebelum shalat dilakukan zikir bersama.Seluruh jamaah mengharapkan turunnya hujan setelah sekitar tujuh bulan Kota Ternate dan sekitarnya dilanda kekeringan.

Ketua Badan Talim Masjid Al Munawwar Kota Ternate, Mochsin Saleh Abubakar ketika dihubungi mengatakan, shalat ini dilaksanakan atas kerjasama Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara dan Badan Masjid Al Munawwar, serta Majelis Talim Al Munawwar.

"Shalat istisqa atau minta hujan ini merupakan yang kedua dengan ini, sebelumnya sudah pernah dilaksanakan dan Alhamdulillah ada hujan meski belum merata untuk seluruh wilayah Kota Ternate," katanya. (Ant/bm 01)
Malut 7701427235587460082

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang