Cegah Kabut Asap, BPBD Ternate Siapkan 10.000 Masker | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Cegah Kabut Asap, BPBD Ternate Siapkan 10.000 Masker

BERITA MALUKU. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Maluku Utara, menyiapkan 10.000 lembar masker untuk mencegah penyakit inveksi saluran pernapasan akibat dampak dari kabut asap.

"Kabut asap telah menyelimuti hampir di seluruh wilayah Kota Ternate, sehingga kami telah menyiapkan sebanyak 10.000 lembar masker untuk dibagikan ke masyarakat jika jarak pandangnya berada pada interval 200 hingga 300 meter," kata Kepala BPBD Kota Ternate, Hasyim Yusuf, di Ternate, Senin (26/10/2015).

Menurutnya, selain BPBD hal serupa juga disiapkan Dinas Kesehatan Kota Ternate.

Dalam kondisi ini Dinkes telah mengambil langkah antisipasi untuk mencegah jika terjadi hal yang tidak diinginkan akibat dari kabut asap.

Selain itu, untuk mengantisipasi ketika terjadi banjir saat terjadi hujan paska musim kemarau ini.

BPBD melibatkan Dinas PU, masyarakat Kelurahan Tubo, Sulamadaha, dan Dufa-Dufa untuk melakukan pemantauan di jalur barangka Tugurara pada Senin (26/10).

"Kami menindaklanjuti laporan masyarakat di jalur itu ada yang sudah terjadi longsor, makanya untuk mengantisipasi dilakukan pemantauan lapangan," ujar Hasyim.

Setelah melakukan pemantauan jika dimungkinkan maka akan dilakukan pelebaran volume jalur Barangka, sehingga pada saat terjadi hujan material yang dialirkan berjalan dengan lancar.

Sedangkan, di wilayah Pulau Morotai, Dinkes setempat, menyediakan sebanyak 5.000 masker menanggapi keluhan masyarakat.

Kadinkes Morotai, Giscar Croons, menyatakan, meski pun kabut asap masih melanda kota Daruba, Namun, langkah antisipasi perlu dilakukan sejak dini. (Ant/bm 01)
Malut 2115176838384670095

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang