Kota Ambon Dipilih Sebagai Percontohan Taman Teknologi | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Kota Ambon Dipilih Sebagai Percontohan Taman Teknologi

BERITA MALUKU. Kota Ambon, Maluku, dipilih sebagai percontohan persiapan pengembangan taman teknologi atau "techno park" di bidang kelautan dan perikanan.

"Kota Ambon dipilih karena merupakan salah satu lokasi yang ditetapkan sebagai percontohan techno park karena telah mendapat dukungan penuh pemkot terhadap pengembangan program tersebut dari segi workshopnya," kata Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Kelautan Perikanan Mulyoto di Ambon, Senin (26/10/2015).

Kemudian dari segi techno park ijadikan sebagai tempat aktivitas masyarakat terkait inovasi teknologi atau menciptakan wira usaha baru di bidang kelautan dan perikanan.

Sehingga kerja sama dengan pemerintah daerah itu mutlak dan penting, karena menjadi tempat aktivitas masyarakat di daerah yang bersangkutan.

Menurut Mulyoto, nantinya yang harus ditindaklanjuti setelah adanya lokasi yang telah ditetapkan, maka perlu ada kesepakatan bersama dengan pemerintah daerah.

Karena nantinya aktivitas yang dilakukan melalui kegiatan pelatihan itu, masyarakat yang dilatih ini mendapatkan pendampingan melalui penyuluh perikanan.

Jadi tidak hanya mereka dilatih tetapi juga disiapkan SDM yang diharapkan jadi inovator usaha di di bidang perikanan.

"Sepanjang pemda menyediakan lokasi, konsepnya akan dibangun tetapi kita bukan mendirikan bangunan yang terkait teknologinya namun memberikan unit pelayanan masyarakat," ujarnya.

Tempat pelatihannya bisa berlangsung di setiap balai seperti Balai Budidaya Laut Ambon atau pelabuhan perikanan dan balai diklat perikanan di daerah ini.

Soal akses modal usaha, ini harus ada kerja sama dengan pemda untuk melihat masyarakatnya.

"Saya tidak tahu nanti kemungkinan akan berkembang bila masyarakat siap menjadi wirausaha lalu bagaimana akses permodalannya, saya belum bicara itu tetapi kewenangannya ada pada pemerintah daerah," kata Mulyoto.

Kegiatan workshop implementasi inovasi teknologi ditechno park kelautan dan perikanan yang dibuka Sekretaris Kota Ambon, A.G Latuheru ini berlangsung selama tiga hari diikuti enam kepala balai dari seluruh Indonesia.

Enam balai tersebut adalah Balai Perikanan Medan, Tegal, Bitung, Ambon, serta Balai Diklat Aparatur Sukamandi Subang (Jawa Barat). (ant/bm 01)
Lingkungan 8746548170682607140

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang